PT SIA diminta berdayakan masyarakat Muara Tiga

Semen Indonesia. (Liputan6)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tokoh Pemuda Laweung, AK Jailani berharap program corporate social responsibility (CSR) dapat dilakukan PT Semen Indonesia Aceh (SIA) turut serta membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Laweung.

Kader Partai Perindo Aceh ini juga mengajak perusahaan BUMN itu untuk bisa bersama melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program dari CSR yang dimilikinya.

“Lebih baik ini dilakukan jauh sebelum proyek pembangunan pabrik dimulai, sehingga masyarakat terutama pemudanya sudah siap lahir batin di saat proyek ini hadir di daerah mereka,” kata AK Jailani dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Jumat (29/4).

Untuk memperlancar program CSR tersebut, kata Jailani, perlu dibentuk kelompok calon penerima CSR dan forum CSR. Keberadaan kelompok dan forum ini pun diharapkan juga bisa membantu percepatan pembangunan di sekitar pabrik dan wilayah Kabupaten Pidie.

Menurutnya, dengan adanya kelompok dan forum maka segala persoalan yang muncul bisa diselesaikan secara bersama-sama. “Ini bisa membantu pemerintah daerah dalam rangka akselerasi percepatan pembangunan dan penataan di Kabupaten Pidie,” ujar Jailani.

AK Jailani menyarankan agar program CSR itu sudah harus dijalankan sebelum pabrik semen mulai dibangun, seperti yang diterapkan perusahaan semen di Gresik maupun di Tuban, Jawa Timur.

Di Gresik dan Tuban, kata Jailani, sebelum pabrik semen dibangun dan beroperasi, perusahaan sudah aktif memberdayakan masyarakat di wilayah itu melalui program CSR.

“Nah, kita di sini juga ingin seperti itu dan CSR langsung diberikan ke masyarakat, agar tepat sasaran,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu pemberdayaan masyarakat yang bisa dijalankan CSR dari perusahaan Semen Indonesia Aceh ialah dengan memberikan berbagai macam pelatihan kepada masyarakat di sekitar wilayah itu.

Jailani menjelaskan, meskipun pemerintah daerah memiliki program yang sama, tetapi akan lebih baik apabila dikerjakan bersama dari CSR perusahaan BUMN ini.

“Saya harap jika ada perusahaan lain yang ada di Aceh supaya sudi menyalurkan CSRnya untuk membantu masyarakat. Semoga PT Semen Indonesia Aceh ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts