Bupati Bireun serahkan honorarium pengurus masjid di Bireuen

Bupati Bireuen, Ruslan M Daud menyerahkan honorarium imum, bilal dan muazin semua masjid di Kabupaten Bireuen, Jumat (29/4). (Ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Bupati Bireuen, Ruslan M Daud menyerahkan honorarium imum, bilal dan muazin semua masjid di Kabupaten Bireuen untuk triwulan I 2016 di Aula Lama Setdakab Bireuen, Jumat (29/4).

Ruslan M Daud mengatakan pemberian honor tersebut merupakan bentuk komintmen dirinya menghargai jerih payah mereka untuk peningkatan kesejahteraan dalam memakmurkan masjid.

“Kita tahu, jika dibandingkan honor imum gampong memang jauh sekali. Imum gampong bisa diambil dari dana desa melalui Perbup, kita akan terus perjuangkan agar honornya semakin bertambah untuk ke depan,” ujarnya.

Ia juga berjanji akan memberikan kendaraan roda dua untuk imum yang saat ini baru terealisasi untuk 200 orang, dan masih diperlukan 415 unit lagi, termasuk untuk imum masjid.

“Sesuai komitmen, akan saya tuntaskan pada tahun 2016 nantinya pada saat safari Ramadan. Kita akan terus berupaya memenuhi janji tersebut. Ini saya mohon dukungannya kepada abu dan tengku,” kata Ruslan.

Pimpinan Dayah Ummul Ayman Samalanga, Tgk Nuruzzahri atau Waled Nu menyampaikan, imum masjid merupakan penjaga gawang umat, terutama di pedesaan. Kerja imum masjid dinilai sangat berat dan diperlukan peningkatan kualitas mereka dengan pelatihan.

“Dalam segi keagamaan, harus ada peningkatan agar kualitasnya bertambah. Saya juga mengharapkan kepada Bupati Ruslan agar memberikan baju seragam safari untuk para imum, dengan begitu ada sebagai tanda imum masjid,” harapnya. [Sammy/rel]

Related posts