Gubernur ajak masyarakat lestarikan budaya lokal

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah memberikan sambutan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Senin (2/5) pagi. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengajak semua kalangan masyarakat untuk melestarikan budaya lokal yang ada di Aceh.

Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Senin (2/5).

“Semua elemen masyarakat yang cinta  budaya harus bergerak aktif untuk mengatasinya. Lembaga-lembaga adat, seperti Majelis Adat Aceh, mukim, keuchik, para ulama dan tokoh masyarakat harus berperan aktif menghadirkan filter bagi penyaringan budaya luar yang tidak sesuai dengan kearifan lokal kita,” kata Zaini.

Menurutnya, pengaruh gaya hidup modern telah memudarkan identitas kedaerahan Aceh sehingga perlahan dipaksakan untuk berbaur dalam sebuah komunitas masyarakat dunia dengan perilaku budaya yang seragam.

“Kita saksikan sendiri betapa peredaran narkoba telah begitu mengkhawatirkan di kalangan anak-anak muda. Pergaulan bebas pun mulai berkembang di kalangan anak remaja. Semua ini adalah dampak negatif dari arus global yang tidak terkontrol,” tuturnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts