KPK didesak tangkap Ahok

Demo di depan gedung KPK oleh Aliansi Masyarakat Jakarta Utara dan organisasi lainnya. Massa menuntut KPK menangkap Ahok, Selasa (3/5). (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Ratusan orang yang berasal dari Luar Batang, Tanjung Priok dan Kalibaru, menggeruduk Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (3/5).

Mereka datang ke KPK untuk mendesak agar lembaga pemberantas korupsi itu segera menangkap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“KPK harus tangkap Ahok. Tangkap dia sekarang juga,” ujar salah satu orator di depan Gedung KPK, Jakarta.

Demonstran menilai Ahok sudah jelas terlibat dalam dugaan korupsi pada pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Bahkan, KPK diduga telah mengantongi keterlibatan Ahok tersebut

“Kartini Mulyadi sudah mengungkapkan bahwa RS Sumber Waras hanya menerima pembayaran Rp300 miliar. Sementara bukti yang sudah beredar RS Sumber Waras dibayar Rp755 miliar,” ungkap salah satu orator.

Selain itu, demonstran juga mengingatkan bahwa hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pembelian lahan Sumber Waras telah menyebut adanya dugaan kerugian negara.

“BPK sudah menyatakan pembelian RS Sumber Waras, negara merugi Rp173 miliar,” ujarnya.

Sebelumnya, KPK menyatakan penyelidikan dugaan korupsi dalam pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras masih terus dilakukan.

Pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati menyebut bahwa pihaknya telah meminta keterangan 50 orang lebih dalam penyelidikan tersebut.

Bahkan lembaga antirasuah itu berencana meminta keterangan ahli. “Sudah panggil 50 orang, akan dilanjutkan ahli pertanahan, ahli keuangan dan ahli administrasi,” kata Yuyuk di kantornya, Jumat (29/4).

Menurut Yuyuk, keterangan para ahli tersebut diperlukan untuk memperdalam penyelidikan yang tengah dilakukan. Termasuk untuk memperkuat hasil audit investigatif BPK yang telah diminta KPK sebelumnya. [Viva]

Related posts