Illiza buka Lomba Penyajian Apam Aceh Buleun Rajab

Lomba Penyajian Apam (Serabi) Aceh Buleun Rajab di Rumoh Budaya, Rabu (4/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal membuka Lomba Penyajian Apam (Serabi) Aceh Buleun Rajab di Rumoh Budaya, Rabu (4/5). Lomba penyajian kue khas Aceh ini diikuti oleh 33 kelompok kaum ibu dari sejumlah gampong di Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Illiza mengatakan ajang ini merupakan momenten awal kebangkitan budaya masyarakat Aceh yang sudah hampir hilang. “Tradisi membuat kue apam sudah ada sejak masa sultanah, dan ini harus kita lestarikan. Alhamdulillah, ajang ini mendapat sambutan antusias dari ibu-ibu.”

Menurut Illiza, dengan pengolahan dan penyajian yang lebih baik, ditambah lagi dengan promosi dan pemasaran yang baik, industri kue-kue tradisional Aceh diharapkan dapat ikut meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan segala potensi budaya di Banda Aceh,” katanya.

“Semoga melalui ajang ini dapat menumbuhkan kepedulian kita semua terhadap kekayaan budaya Aceh dan dapat meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mengembangkan kuliner Aceh,” kata Illiza.

Illiza bersama Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah ikut mencicipi kue khas Aceh yang lazimnya disajikan dengan kuah santan plus buah nangka dan pisang tersebut.

Turut hadir dua anggota dewan lainnya, yakni Farid Nyak Umar dan Syarifah Munira, Ketua Tim Penggerak PKK Fauziah Zainal Arifin, Kepala Kantor PPKB Badrunissa, dan Kabag Humas Setdako Banda Aceh, Wirzaini Usman. [Sammy/rel]

Related posts