27.2 C
Banda Aceh

Gubernur paparkan Islam di Aceh kepada tim ekspedisi PBNU

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubenur Aceh, Zaini Abdullah memaparkan sejarah dan perkembangan Islam di Aceh kepada Tim Ekspedisi Nusantara yang dipimpin Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, Imam Pituduh di Pendopo Gubernur Aceh, Selasa (3/5) malam.

Pada kesempatan tersebut, Zaini Abdullah menjelaskan bagaimana ajaran Islam datang ke Aceh dan kemudian berkembang sehingga menjadi bagian dari hidup masyarakat Aceh. Bukti- bukti peninggalan sejarah perkembangan Islam, kata Zaini tersebar di seluruh Aceh.

“Kita bisa melihat bagaimana budaya Aceh yang bernuansa Islam seperti Seudati, Saman dan lain lain yang melantunkan syair syair Islam,” ujarnya.

- Advertisement -

Zaini menyebutkan, perkembangan Islam di Aceh tidak lepas dari peran besar para ulama dalam menyebarkan syiar Islam dan mengajarkan agama Islam kepada masyarakat Aceh.

“Banyak ulama Aceh seperti Syeikh Abdurrauf As-Singkili dan ulama lainnya yang sangat dikenal tidak hanya di nusantara, tapi juga di luar nusantara,” kata Zaini.

Para ulama dahulu, kata Zaini, mengajarkan murid-muridnya secara sukarela. Masyarakat Aceh dari kecil sudah dituntut untuk belajar ilmu agama, baik dari keluarga di rumah, para teungku (imam) di desa, hingga dari para ulama.

Berkaitan dengan expedisi yang dilakukan PBNU, Zaini sangat mengapresiasi dan mengatakan bahwa apa yang dilakukan akan memperjelas dan memberikan informasi kepada seluruh masyarakat tentang Islam dan bagaiman Islam berkembang di nusantara.

Kegiatan yang diselenggarakan PBNU tersebut dilakukan selama dua bulan di puluhan tempat dari Aceh sampai Papua.

Ekspedisi tersebut melibatkan 30 orang yang dipimpin Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, Imam Pituduh. Tim tersebut terdiri dari wartawan media cetak, online, dan televisi, serta fotografer dan tim penulis khusus untuk kepentingan penyusunan buku. [Sammy/rel]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img