Elfira Syuhada, gadis Aceh yang dinikahi dengan mahar surat Alfath

Elfira Syuhada dan Bahrul Walidin saat melangsungkan akad nikah di Masjid Al Makmur, Lampriek, Banda Aceh. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM)Heboh pernikahan Munawar Juanan Raden dengan gadis Douha Muawiyah Kharraji dengan mahar 500 hadis Rasulullah, ternyata juga pernah terjadi pernikahan dengan mahar yang tidak biasa, yaitu dengan salah satu surat di dalam Al-Quran.

Elfira Syuhada (25), alumnus Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Islam (UIN) Ar-Raniry ini dinikahi seorang hafiz Alquran, Bahrul Walidin (29) dengan mahar surat Alfath, surat ke-48 di dalam urutan surat Alquran.

“Seorang pemuda yang baru pulang dari Yaman alhamdulillah sudah hafiz, datang melamar. Datangnya tiba-tiba, lamarnya tiba-tiba, akad nikah juga mendadak. Soal mahar, karena ia hafiz, saya pribadi minta surat Al-Fath, sebagai mahar untuk saya,” ujar Elfira kepada Serambinews.com, Jumat (6/5).

Elfira dan Bahrul Walidin tidak keberatan kisah pernikahan mereka dipublish sebagai dakwah di Serambinews.com. Suami istri yang menikah di Masjid Al Makmur Lampriek, Banda Aceh 18 Oktober 2015 ini mengaku justru merasa banyak keberkahan setelah mereka menikah.

“Saya dinikahi dengan mahar Surat Alfath, subhanallah setelah itu kami tidak menyangka justru mendapat rezeki lain untuk pernikahan kami,” kenangnya.

Ia juga mengaku hanya ingin menjadi sebaik-baiknya muslimah seperti di hadis Rasullah, yaitu yang meringankan mahar.

“Dan beliau, calon suami saya ketika itu juga ingin menjadi sebaik-baik lelaki yang meninggikan maharnya. Dan, karena keluarga juga senang dengan kehadiran kami, alhamdulillh justru kami mendapat banyak keberkahan setelah itu,” kenangnya.

Ia juga berkisah “Alhamdulillah hampir semua tamu yang lebih kurang 400an orang di masjid terharu dengan bacaan suami saya. Pakai irama bacaan Syeikh Maher Al Muaiqly.”

Bahrul Walidin, lelaki yang menjadi suami Elfira Syuhada merupakan alumnus Universitas Andalus, Yaman. Warga Titeu, Pidie.

Pasangan suami istri ini, tidak pernah bertemu sebelumnya, mereka bertemu dan bersalaman pertama kali di akad nikah di Masjid Al Makmur Lampriek, Banda Aceh.

Surah Al-Fath, artinya kemenangan, merupakan surah ke-48 dalam Alquran. Surah ini tergolong surah Madaniyah yang terdiri atas 29 ayat. Dinamakan Al-Fath yang berarti Kemenangan diambil dari perkataan Fat-han yang terdapat pada ayat pertama surah ini.

Sebagian besar dari ayat-ayat surah ini menerangkan hal-hal yang berhubungan dengan kemenangan yang dicapai Nabi Muhammad Saw dalam peperangannya. [Serambinews]

Related posts