Donor darah penting untuk bantu penderita Thalassemia

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat mencanangkan kampanye Thalassemia di Anjong Mon Mata, Minggu (8/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sumbangan darah atau donor darah dari masyarakat dinilai merupakan hal yang sangat penting untuk membantu para penderita penyakit Thalassemia.

Hal ini disampaikan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat memberikan sambutan acara Pencanangan Thalassemia Campaign di Hari Thalassemia Internasional 2016 di Anjong Mon Mata, Minggu (8/5).

“Donor darah penting menjadi perhatian kita, sebab Aceh masih kekurangan darah sehingga tidak jarang saudara-saudari kita para penderita Thalassemia harus berjuang untuk mendapatkan darah baru,” ujarnya.

Menurutnya, donor darah adalah langkah yang bijak, sebab setelah mendonorkan darah, tubuh para pendonor itu akan memproduksi darah baru yang lebih segar, bersih dan dan encer.

“Maka kami mengimbau masyarakat Aceh agar lebih aktif dalam kegiatan donor darah,” imbau Zaini.

Sebagaimana diketahui, Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kerusakan pada sel darah sehingga menyebabkan penderita mengalami gejala anemia atau kekurangan darah.

Untuk penderita Thalassemia yang bersifat berat, biasanya penangananya dilakukan dengan transfusi darah seumur hidup. [Aidil Saputra]

Related posts