Demo anarkistis, massa HMI lempar batu ke Gedung KPK

Aksi unjuk rasa ratusan orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di sekitar Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5). (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Aksi unjuk rasa ratusan orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di sekitar Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5), berlangsung anarkistis.

Pantauan Kompas.com, mereka melemparkan batu ke arah kaca Gedung KPK. Pendemo lalu membakar ban di Jalan HR Rasuna Sahid, tepat di depan Gedung KPK. Mereka juga merusak tong sampah dan mencoret-coret sekitar gedung KPK.

Saat ini, puluhan polisi masih berusaha meredam aksi dengan menembakkan gas air mata ke arah kelompok HMI. Akibat dari demo anarkistis ini, satu polisi terluka karena terkena lemparan batu.

Demo tersebut menyikapi pernyataan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat diskusi di salah satu televisi swasta yang membuat HMI tersinggung.

Saut sebelumnya meminta maaf kepada Pengurus Besar HMI dan Korps Alumi HMI (KAHMI). “Saya mohon maaf atas pernyataan saya. Sekali lagi, saya mohon maaf atas pernyataan saya,” kata Saut saat jumpa pers.

Saut mengaku tidak bermaksud menyinggung HMI maupun lembaga lainnya. Ia merasa ada kesalahpahaman atau mispersepsi.

Untuk itu, KPK akan melakukan pertemuan dengan pimpinan HMI untuk menyelesaikan masalah tersebut. Diharapkan, ke depannya, HMI bisa menjadi mitra KPK dalam pemberantasan korupsi.

“Kami (KPK) percaya, HMI sebagai salah satu pergerakan aktivis di Indonesia bisa menjadi mitra dalam upaya pemberantasan korupsi,” ucapnya.

Dalam diskusi di salah satu televisi swasta, Saud mengatakan,” … karakter integritas bangsa ini sangat rapuh. Orang yang baik di negara ini jadi jahat ketika dia sudah menjabat. Lihat saja tokoh-tokoh politik, itu orang-orang pintar, orang-orang cerdas…”

“Saya selalu bilang, kalau di HMI dia minimal ikut LK 1. Lulus itu dia anak-anak mahasiswa, pintar. Tetapi, begitu jadi menjabat, dia jadi jahat, curang, ini karena apa? Karena saya bilang sistem belum jalan. Artinya apa? Adapun peraturan-peraturan itu tidak pernah kita jalankan…,” ujarnya. [Kompas]

Related posts