Kelulusan SNMPTN diumumkan hari ini

Ilustrasi peserta ujian SNMPTN. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 16.950 orang terdata sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Para peserta seleksi sudah dapat mengetahui kelulusannya dengan mengakses laman resmi SNMPTN http://www.snmptn.ac.id mulai hari ini, Senin (9/5) pukul 13.00 WIB

Pengumuman kelulusan ini lebih cepat satu hari dibandingkan dengan yang direncanakan sebelumnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka yang dinyatakan lulus SNMPTN harus mengikuti proses verifikasi di perguruan tinggi yang dipilih pada tanggal 31 Mei 2016. Apabila peserta yang dinyatakan lulus itu tidak menghadiri proses verifikasi, maka dinyatakan gugur sebagai status kelulusan SNMPTN.

SNMPTN merupakan jalur masuk bebas test tulis yang berbasis pada prestasi peserta saat duduk di SMA/MA/SMK. Jalur yang sering disebut jalur undangan ini sudah dimulai prosesnya sejak Januari 2016 lalu.

Tanggal 31 Mei 2016 bertepatan juga dengan jadwal pelaksanaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sedangkan SBMPTN adalah jalur lain untuk masuk ke PTN dengan metode test tulis.

Selain itu, masih ada satu jalur terakhir untuk mengakses perguruan tinggi yaitu jalur mandiri yang akan dilakukan setelah pengumuman SBMPTN.

“Khusus di Unsyiah, porsi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan jalur mandiri masing-masing adalah 35 persen dan 25 persen, sementara 40 persen lainnya diterima melalui jalur SNMPTN,” kata Humas SNMPTN Unsyiah, Ilham Maulana, Senin (9/5).

Lanjut Ilham, untuk pendaftar SBMPTN di panitia lokal Unsyiah masih sepi. Hanya 3.281 orang pendaftar yang tercatat melakukan proses pendaftaran tersebut hingga Minggu (8/5) sore.

“Sebanyak 958 orang diantaranya merupakan pemilih bidang sains dan teknologi (saintek), sebanyak 911 orang merupakan pemilih bidang sosial dan humaniora (soshum), serta sebanyak 1.412 orang memilih jalur campuran,” sebutnya.

Ilham menambahkan bahwa jumlah pendaftar SBMPTN diperkirakan akan melonjak tinggi setelah hasil SNMPTN diumumkan pada hari ini, Senin (9/5). Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id hingga tanggal 20 Mei 2016, pukul 22.00 WIB.

Sementara itu, tambahnya, lima program studi (prodi) yang paling banyak dipilih oleh peserta SBMPTN di Unsyiah hingga sore kemarin, adalah Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Akuntansi, Prodi Pendidikan Dokter, dan Prodi Farmasi.

Sedangkan lima prodi yang paling sepi peminat sejauh ini adalah Prodi Fisika, Prodi Teknik Geofisika, Prodi Manajemen PDD Gayo Lues, Prodi Kehutanan PDD Gayo Lues, dan Prodi Pendidikan Biologi PDD Gayo Lues.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, SBMPTN tahun ini juga dilakukan dengan testing berbasis komputer atau Computer Based Testing (CBT). Namun, kuota CBT ini menjadi rebutan para peserta, terutama mereka yang telah lulus SMA/MA/SMK tahun lalu.

Unsyiah merupakan salah satu lokasi pelaksanaan CBT dengan jumlah kuota 60 kursi. Khusus tahun ini, pelaksanaan CBT masih hanya dilakukan di 30 lokasi saja.

Untuk tahun ini para peserta yang ingin memilih prodi di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry juga dapat mendaftarkan diri melalui jalur SBMPTN pada panitia lokal Unsyiah. Paling tidak hal ini berlaku untuk 15 program studi UIN yang bersifat umum, seperti program-program studi ilmu teknik. [Aidil Saputra]

Related posts