Pangdam IM tanam padi perdana di Aceh Utara

Penanaman padi perdana di lahan sawah hasil cetak baru di Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara, Kamis (12/5). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI L Rudy Polandi melakukan penanaman padi perdana di lahan sawah hasil cetak baru di Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara, Desa Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara tahun 2016 seluas 2 hektare, Kamis (12/5).

Mayjen TNI L Rudy Polandi mengatakan pelaksanaan perluasan sawah dilakukan di seluruh wilayah Provinsi Aceh seluas 15.300 hektare yang tersebar di sejumlah kabupaten di Aceh.

“Kegiatan perluasan sawah ini kerja sama antara TNI AD dan Dinas Pertanian Aceh sesuai dengan MoU yang telah disepakati di mana proses pekerjaan di lapangan dilaksanakan oleh TNI AD,” kata Rudy di Lhoksukon, Kamis (12/5).

Ia menyebutkan, jumlah lahan di wilayah Kabupaten Aceh Utara untuk perluasan sawah total mencapai 2 ribu hektare, terdiri dari 1.075 hektare yang sudah memiliki SID dan 925 hektare belum memiliki SID (Survey Identification Design).

“Di wilayah Kabupaten Aceh Utara yang terkena perluasan sawah yang saat ini sedang dikerjakan seluas 1.075 hektare di 11 kecamatan, 21 desa dengan 22 kelompok tani,” kata Rudy.

Ia menambahkan, saat ini yang sedang dikerjakan di 8 kecamatan dan 18 desa, sedangkan yang belum dikerjakan di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Nibong, Syamtalira Aron, dan Sawang.

“Untuk Kegiatan penanaman padi perdana akan dilaksanakan di Desa Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon dengan kelompok Tani Blang Aman Jaya,” sebutnya.

Rudy mengatakan, kegiatan tanam padi perdana di Desa Blang Aman dengan luas lahan sekitar 200 hektare dari total 465 hektare yang sudah siap tanam. Untuk kegiatan seremonial tanam perdana ini disiapkan lahan seluas 2 hektare dan dilanjutkan penyerahan bibit dan pupuk serta alat-alat pertanian,” kata Rudy. [Rajali Samidan]

Related posts