Aceh menuju daerah tujuan wisata halal di dunia

Ilustrasi - Wisata Pantai Gapang di Sabang (Kompas)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sosialisasi tentang konsep dan strategi pemasaran wisata halal diharapkan dapat memacu seluruh pemangku kebijakan di Aceh untuk mempersiapkan dan menjadikan Aceh sebagai tujuan wisata halal di Indonesia dan dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten II Sekda Aceh, Azhari Hasan saat membuka secara resmi Sosialisasi Strategi Kerja Sama Pemasaran Wisata Halal di Hotel Paviliun Seulawah, Kamis (19/5).

“Mudah-mudahan, dukungan dan perhatian yang begitu besar dari Kementerian Pariwisata RI terhadap pengembangan usaha kepariwisataan di Aceh, akan membuat potensi wisata Aceh menjadi lebih meningkat sehingga menjadi simbol bagi kegiatan wisata halal dan Islami di Indonesia,” ujar Azhari.

Dengan semakin pesatnya perkembangan wisata halal di internasional, Azhari berharap agar pengertian wisata halal dapat dipahami lebih jelas oleh masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi seperti yang diselenggarakan diharapkan mampu menjabarkan secara lengkap apa dan bagaimana wisata halal tersebut.

“Wisata di Aceh memiliki status sebagai wisata halal. Pemerintah Aceh telah membentuk kelompok kerja untuk memastikan status halal bagi pelayanan di restoran, rumah makan, café dan lainnya,” sebutnya.

Di samping itu, lanjut Azhari, ada juga pokja halal bagi hotel, paket-paket wisata serta pembentukan Tim Koordinator Percepatan Realisasi Label Halal di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar sebagai proyek percontohan untuk Aceh.

Untuk diketahui, saat ini Lembaga Pengkajian pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Permusyawaratan Ulama telah mengeluarkan 56 sertifikat halal kepada produk makanan/minuman, termasuk rumah potong hewan di Kota Banda Aceh.

“Inilah yang menjadi salah satu ukuran sehingga pengertian tentang wisata halal mendapat pengakuan secara nyata dari lembaga resmi yang ditunjuk,” ujar Azhari. [Sammy/rel]

Related posts