Sejumlah seni tari dipersiapkan jelang “Culture of Alas”

Tari Belo Mesusun, salah satu tarian dari Aceh Tenggara. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Agara Community Banda Aceh akan menggelar kegiatan Culture of Alas yang merupakan bagian untuk melestarikan budaya masyarakat Alas.

Ketua Panitia, Oki Murzan Hani menyebutkan, acara yang bertemakan budaya ini sengaja diinisiasi untuk mengenalkan budaya tanoh Alas kepada masyarakat luas, yang akan digelar 27 Mei mendatang di Open Stage Taman Budaya Banda Aceh mulai pukul 19.00 WIB.

Koordinator lapangan, Putri Sri Mala MP mengatakan, bentuk kegiatan dari Culture of Alas yang sudah dipersiapkan panitia mulai dari seni tari, pemutaran film dokumenter, dan puncaknya yakni tarian kolosal.

“Ada Tari Belomesusun, Tari Brudihe, Tari Meusekat, Saman Aceh Tenggara, dan Tari Tangis Dilo. Selain itu, pemutaran film dokumenter juga akan kita tayangkan yang bertema potensi wisata dan aneka ragam kehidupan etnis masyarakat Alas serta adat istiadatnya,” sebut Putri.

Sementara penutupan puncak dari acara tersebut, kata Putri akan menampilkan tarian kolosal yang mengangkat tema kebudayaan dan kehidupan masyarakat Alas.

“Ini adalah salah satu bentuk kecintaan putra-putri Tanoh Alas dengan adat istiadat mereka yang sempat tenggelam di era modern ini. Kami ingin menunjukkan bahwa generasi muda Tanoh Alas masih peduli dengan adat budaya mereka,” imbuhnya.

Ia menambahkan, acara yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh serta Dinas Pariwisata Aceh Tenggara ini terbuka untuk umum tanpa dipungut tiket masuk. [Sammy/rel]

Related posts