Dua buah kiwi tiap hari bisa jadi pengganti suplemen

Buah kiwi. (Pixabay)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kiwi, buah berbulu dengan rasa yang segar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan dua kiwi tiap hari, bisa menjadi pengganti suplemen untuk tubuh.

Namun, dijelaskan oleh Spesialis Gizi, dari FKUI, Dr Fiastuti Witjaksono, kebutuhan suplemen vitamin C misalnya, akan berbeda untuk setiap individu.

Umumnya, setiap individu membutuhkan vitamin C 60-90 miligram.

“Kalau perokok dan sering terpapar polusi asap kendaraan butuh lebih banyak. Jadi kalau kiwi kandungannya 160 miligram per 100 gram, kalau sudah terpenuhi ngapain pusing mikirin suplemen,” jelas Fiastuti dalam Media Workshop Awali Dengan Buah, di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Namun katanya, ada banyak jenis suplemen. Sehingga, Anda pun harus selektif, memilih kebutuhan suplemen untuk tubuh.

“Tapi kan suplemen banyak jenisnya, jangan menyamaratakan,” tuturnya.

Sebelumnya sempat dijelaskan, bahwa buah kiwi, meski memiliki ukuran yang kecil, kandungan vitamin yang ada di dalamnya justru mengalahkan buah yang sudah terkenal, seperti apel dan jeruk.

Dr. Richard Gearry dari University of Otago juga mengatakan bahwa dengan mengonsumsi dua buah kiwi hijau setiap hari, terbukti bisa mengurangi konstipasi, kesulitan dalam mencerna makanan, sakit perut dan sakit asam lambung.

Selain itu, sebuah studi juga dilakukan oleh Dr. Anita Carr dan rekan, yang menemukan bahwa dengan konsumsi dua buah kiwi per hari bisa meningkatkan vitamin C dalam tubuh secara optimal, mengurangi suasana hati yang buruk, kelelahan, depresi.

Sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi buah dan sayur sangat rendah, “Ternyata konsumsi buah dan sayur di Indonesia paling kecil di Asia, hanya sekitar kurang dari 50 kilogram per kapita per tahun,” ujar Fiastuti. [Viva]

Related posts