Pantai Pasir Putih Sabang terancam abrasi

Pantai Pasir Putih di Gampong Paya Keunekai, Kecamatan Sukajaya, Sabang terancam abrasi. (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Abrasi yang menggerus kawasan Pantai Pasir Putih di Gampong Paya Keunekai, Kecamatan Sukajaya, Sabang semakin memprihatinkan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang T. Zakaria Albahri mengatakan, gelombang laut sudah menghanyutkan beberapa tempat berjualan warga di mana pantai tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Sabang.

Lebih lanjut dijelaskan, abrasi yang hanya berjarak kurang lebih 10 meter dari jalan aspal dianggap perlu mendapat perhatian khusus karena apabila dibiarkan akan berdampak pada pemukiman warga disekitar lokasi.

“Terkait abrasi yang kawasan Pasir Putih itu perlu segera mengambil tindakan pencegahan karena di samping kawasan tersebut menjadi salah satu objek wisata di Sabang, daerah itu juga didiami oleh para nelayan yang kesehariannya mencari nafkah dengan melaut,” kata Zakaria kepada Kanalaceh.com, Jumat (27/5).

Pantauan Kanalaceh.com di lapangan, abrasi dikawasan tersebut telah mengikis daratan sekitar 20 meter yang membentang sepanjang kurang lebih 500 meter. Terjangan ombak menghantam bibir pantai yang menyisakan ceruk sedalam 1,5 meter yang langsung menjorok ke laut.

Terkikisnya bibir pantai pasir putih itu hampir merobohkan pohon di sekitar pantai dan menyebabkan sejumlah pemukiman warga di titik lokasi terancam abrasi. [Diki Arjuna]

Related posts