Meugang, harga daging diprediksi lebih Rp150 ribu

Ilustrasi daging sapi. (Antara)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Harga daging sapi di Provinsi Aceh saat Meugang (tradisi mengkonsumsi daging sebelum memasuki bulan Ramadhan dan hari raya di Aceh) diperkirakan mencapai di atas Rp150 ribu per Kilogram (kg).

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Inpres Lhokseumawe M.Yusuf, Jumat (27/5), mengatakan harga daging sapi saat Meugang nanti diatas Rp150 ribu per kilogram karena tingginya permintaan masyarakat untuk merayakan masuknya bulan suci Ramadhan.

“Hari ini saja, harga daging sapi, sudah Rp140 ribu sekilonya. Nanti pada saat meugang, dipastikan tidak akan kurang dari Rp150 ribu per kilogramnya, bahkan bisa mencapai Rp160 ribu per kilogram atau lebih lagi,ungkap pedagang.

Dia mengtakan untuk kebutuhan daging pada hari Meugang, jenis sapi yang disembelih umumnya sapi jantan lokal atau disebut sapi Aceh.

Sedangkan sapi jenis impor, harganya kurang lagi, akan tetapi untuk hari meugang, masyarakat lebih memilih sapi lokal untuk dikonsumsi, terang Yusuf.

Sementara itu, sapi lokal yang akan dikonsumsi pada hari meugang, umumnya pula berasal dari daerah Lhokseumawe dan sekitarnya.

Dimana nantinya, pada hari meugang, para peternak sapi atau penjual daging akan menjualnya secara massal di pinggir-pinggir jalan pada titik-titik yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat.

Tradisi mengkonsumsi daging sapi pilihan di Aceh menjelang memasuki bulan Ramadhan dan juga hari raya, dilaksanakan secara turun temurun.

Semua lapisan masyarakat Aceh, pada hari dimaksud mengkonsumsi daging sapi, termasuk daging kambing, bebek dan juga ayam. [Antara]

Related posts