Musim kemarau, warga Aceh Timur krisis air bersih

Ilustrasi krisis air bersih. (Antara Foto)

Aceh Timur (KANALACEH.COM) – Warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Timur mengalami krisis air bersih.

Salah seorang warga, Nuraini mengatakan, di wilayah tersebut belum memiliki jaringan air bersih, sehingga untuk mencukupi kebutuhan air bersih, warga di wilayah tersebut memanfaatkan air dari sejumlah sungai yang ada.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur, Marzuki menambahkan, meski sebagian warga ada juga yang mendapatkan air bersih dari sumur bor, namun di musim kemarau, sumur tersebut banyak yang kering.

“Untuk kebutuhan hidup, masih banyak masyarakat memanfaatkan air sungai dan air irigasi. Tapi saat musim kemarau, sumur kering dan  masyarakat krisis air,” katanya, Senin (30/5).

Marzuki menambahkan, pihaknya menyarankan agar lembaga berwenang menanggulangi secara bertahap jaringan air bersih hingga ke rumah warga, sehingga di Aceh Timur tidak lagi krisis air bersih.

Secara terpisah, Direktur PDAM Tuarta Persada Aceh Timur, Razali Budiman mengakui, masih banyak rumah tangga yang belum memiliki jaringan air bersih. Ia menambahkan, air bersih yang sudah masuk ke rumah penduduk di Aceh Timur mencapai 11 ribu pelanggan. [Wol]

Related posts