Ribuan warga hadiri zikir akbar di Lhoksukon

Zikir akbar di Gedung Olahraga (GOR) Lhoksukon, Aceh Utara, Senin (30/5). (Ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Ribuan warga menghadiri zikir akbar yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Lhoksukon, Aceh Utara, Senin (30/5). Acara ini dilakukan untuk menyambut bulan Ramadan yang tinggal hitungan hari.

ketua panitia zikir akbar, Fuad kepada Kanalaceh.com menyebutkan, acara tersebut juga dihadiri oleh angggota DPRK dari Partai Aceh, Syamsudin JS, anggota DPRK dari Partai Gerinda Komisi IX, Tgk Khaidir, Wakapolres Aceh Utara, Kompol Suwalto, Kajari T Rahmatsyah, Imam Masjid Baiturrahim Lhoksukon Tgk Jamaludin, para SKPD kabupaten Aceh Utara, para ketua dayah pesantren beserta balai pengajian, dan Tgk Ali Imran dari Nisam sebagai penceramah.

Dalam ceramahnya, Tgk Ali Imran mengatakan, kemuliaan bulan Ramadan adalah karena Allah sendiri yang mengistimewakannya dari bulan-bulan lainnya, di mana Allah melipatgandakan pahala kebaikan, membukakan pintu surga, dan memberikan ampunan-Nya.

“Pada bulan tersebut, Allah mewajibkan kepada orang-orang beriman untuk melaksanakan ibadah khusus yaitu berpuasa selama sebulan penuh dengan tujuan agung pula, yaitu agar menjadi hamba Allah yang bertakwa,” ujarnya.

Bulan Ramadan, kata Tgk Ali, adalah bulan yang mungkin begitu banyak pengharapan dan tidak akan dilewatkan begitu saja. “Sebuah perjalanan hikmah yang ingin menjadi bermakna bagi perubahan hidup kita nantinya. Tak ingin rasanya umat Muslim meninggalkan bulan ini nantinya tanpa meninggalkan bekas yang mendalam bagi jiwa-jiwa kita,” tutur Tgk Ali.

Lalu bagaimanakah semestinya setiap Muslim mempersiapkan diri menyambut Ramadan? Menurut Tgk Ali, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan mulia ini agar Ramadan benar-benar bermakna.

“Para salafush-shalih selalu memohon kepada Allah agar diberikan karunia bulan Ramadan agar amal mereka diterima. Bila telah masuk awal Ramadan, mereka berdoa kepada Allah yang artinya, ya Allah, karuniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman, dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang Engkau cintai dan ridai,” sebut Tgk Ali.

Menghitung-hitung diri saat menjelang datangnya Ramadan, ujarnya, menjadi sangat penting. “Sehingga setiap Muslim akan mempunyai azam yang lebih kuat lagi untuk berupaya menggunakan Ramadan kali ini untuk kebaikan dan menggapai segala rahmat dan ampunan Allah yang ada di dalamnya.” [Rajali Samidan]

Related posts