Gubernur pastikan stok pangan di Aceh tercukupi selama Ramadan

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melakukan sidak ke pasar Peunayong, Banda Aceh, Rabu (1/6) untuk memastikan ketersediaan pangan di Aceh selama bulan Ramadan. (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengadakan rapat membahas ketersediaan bahan pangan, BBM, arus listrik, dan arus mudik dalam rangka menghadapai bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri di Pendopo Gubernur Aceh, Rabu (1/6). Dalam rapat tersebut, Gubernur memastikan suluruh kebutuhan pangan di Aceh aman dan tercukupi selama bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“InsyaAllah semua sudah siap, kita sudah melakukan rapat koordinasi untuk memastikan semua kebutuhan selama bulan Ramdhan terpenuhi, termasuk masalah listrik,” kata Zaini seusai mengggelar rapat.

Zaini mengatakan, sudah melakukan pengecekan langsung ke gudang beras bulog Lambaro dan gudang gula PT. Kande Agung, Lueng Bata untuk memastikan persediaan beras dan gula selama bulan Ramadan. “Berdasarkan hasil pantuan dan laporan kita memastikan bahwa stok beras dan gula aman dan dapat memenuhi kebutuhan Masyarakat selama bulan puasa nanti,” tambahnya.

Selain itu, Zaini juga melakukan sidak ke pasar Peunayong untuk langsung  mengetahui ketersediaan dan harga kebutuhan pokok.  Zaini mengatakan, persedian kebutuhan pokok untuk menghadapi bulan puasa masih mecukupi dan harganya pun masih belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Arifin Hamid mengatakan, stok gula saat ini sebanyak 3000 ton dan akan terus di pasok lagi untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan. Selain itu, untuk kebutuhan pokok lainya seperti minyak goreng, tepung terigu, daging ayam dan kebutuhan lainya juga mencukupi.

Terkait  persoalan listrik, GM PLN Aceh, Bob Saril, mengatakan selama bulan Ramadhan kebutuhan listrik di Aceh akan terpenuhi dan tidak akan ada pemadaman kecuali jika disebabkan oleh kondisi alam.

Sementara terkait mudik lebaran, Kepala Dinas Perhubungan, melalui Kasi Angkutan Dishub Aceh, Al Qadri menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk keamanan lalu lintas termasuk melakukan pengecekan ruas jalan diseluruh propinsi Aceh.

Dinas Perhubungan kata Qadri, sudah melakukan kerjasama dengan Organda untuk memastikan armada  transportasi selama mudik cukup.

“Kita sudah menyiapkan 10 kendaraan tambahan berupa bus untuk mendukung kelancaran arus mudik tahun ini,” kata Qadri. [Aidil/rel]

Related posts