Gubernur sidak ke pasar, pedagang sampaikan harga pangan jelang Ramadan

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah beserta rombongan melakukan sidak ke Pasar Peunayong, Banda Aceh, Rabu (1/6) guna mengetahui ketersediaan dan harga pangan selama Ramadan. (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Peunayong, Banda Aceh. Gubernur mengunjungi pasar daging, pasar ayam dan meninjau harga bahan pokok menjelang meugang Ramadan.

Darman, pedagang daging kepada gubernur melaporkan, sepekan menjelang meugang, harga daging sapi cenderung stabil. Daging dijual seharga Rp130 ribu/kilogram (kg) hingga Rp140 ribu/kg. Biasanya, kata Darman, harga daging baru naik tiga hari menjelang ramadan. “Bisa sampai Rp.160 ribu/kg,” ujarnya.

Stok sapi, lanjutnya, juga masih normal. Para pedagang membeli lembu di Pasar Tradisional Sibreh untuk kemudian dijulal ecer kiloan di Peunayong. Darman mewakili pihak pasar meminta agar pemerintah menfasilitasi pembuatan tenda teratak untuk bisa ditempati para penjual saat meugang. “Hanya untuk dua hari. Meugang orang ramai, dan tempat ini tidak cukup menampung semua orang,” ujar Darman.

Arifin Hamid, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, menyebutkan, harga jual daging yang berbeda antara di Aceh dengan di luar Aceh normal terjadi. Meugang, kata Arifin, adalah momen sakral masyarakat Aceh, sehingga harga segitu masih sebatas  kewajaran. Terkait permintaan presiden bahwa harga jual daging sapi haruslah di bawah Rp80 ribu/kg, Arifin memandang hal itu sulit dilakukan di Aceh.

“80 ribu itu harga daging beku (daging impor). Harga di kita (daerah Aceh) segitu karena kita memang menjual daging mentah dengan kualitas terbaik. Pasti lah ada perbedaan harga,” ujar Arifin.

Untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti sayuran, nilai jual di Pasar Peunayong cenderung stabil. Hanya bawang merah (bawang lokal) yang naik menjadi Rp.40 ribu dari harga biasa Rp. 35 ribu. Sementara cabai naik dari Rp. 30 ribu menjadi Rp. 38 ribu per kilogram.

Untuk komuditi lain seperti tomat berastagi justru turun dari haga biasa Rp. 7 ribu menjadi Rp. 6 ribu. “Harga masih stabil. Hanya beberapa yang naik dan ada juga barang yang turun,” kata Mahdi, pedangan sayuran di Peunayong. [Aidil/rel]

Related posts