13 tips wujudkan puasa sehat dan nyaman

Ilustrasi buka puasa. (Reuters)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pergantian pola tidur, kebiasaan makan dan rutinitas saat Ramadan sedikit banyak akan membuat tubuh kita mengalami banyak perubahan. Untuk itu, pola makan dan kebiasaan di bulan Ramadan sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa tips sehat selama Ramadan, seperti dilansir dari laman Khaleej Times.

– Buat rencana dan daftar makanan yang Anda konsumsi selama bulan Ramadan agar asupan nutrisi tetap terjaga.

– Makan sahur sebelum Imsak dan hindari makan terlalu banyak. Makan berat sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi stres.

– Konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, sayur, buah dan minum banyak air.

– Jangan keluar ruangan ketika matahari sedang bersinar terik dan batasi aktivitas fisik yang berat. Istirahatlah jika memungkinkan.

-Buka puasa dengan kurma atau susu, air putih atau jus buah. Setelah salat Magrib, lanjutkan dengan mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu. Setelah berpuasa, Anda perlu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan menaikan kembali kadar gula darah, namun dengan cara yang benar dan tidak berlebihan.

– Setelah Maghrib, makan malam dengan menu-menu sehat dan seimbang. Usahakan menu makan malam Anda mengandung karbohidrat, protein dan vitamin. Hindari makan terburu-buru.

– Ketika sahur, usahakan mengonsumsi makanan dari gandum utuh, biji-bjian, kacang-kacangan dan makanan sejenis lainnya. Makanan ini dapat bertahan hingga delapan jam dan bisa menghindarkan Anda dari konstipasi.

– Variasikan warna buah dan sayur yang dikonsumsi untuk membantu tubuh bertahan dari penyakit.

– Banyak minum air (usahakan delapan gelas hingga menjelang tidur) untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

– Usahakan untuk berolahraga ringan setidaknnya selama 15 hingga 20 menit dan lebih baik dilakukan sore hari.

– Hindari gorengan dan makanan pedas karena akan menyebabkan rasa haus selama berpuasa.

– Bagi penderita diabetes, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum berpuasa.

– Rajin membersihkan gigi untuk menjaga kebersihan mulut. [Viva]

Related posts