Musabaqah Tunas Ramadhan dibuka

MTQ Tunas Ramadhan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Aceh Jumat (17/6) malam, di Taman Ratu Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua Kwartir Daerah Pramuka Aceh Muzakir Manaf, membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tunas Ramadhan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Aceh Jumat (17/6) malam, di Taman Ratu Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh.

Dalam pembukaan itu, ratusan anggota pramuka dari berbagai daerah di Aceh tampak memenuhi taman ratu safiatuddin.

Cabang yang akan diperlombakan yaitu Cabang Tilawah, Hafiz Quran, Fahmil Quran, Qartil Quran, dan Syarhil Quran.

Mualem kepada wartawan mengatakan, pelaksanaan kegiatan MTQ Tunas Ramadhan di Banda Aceh sebagai bentuk memperkuat tali silaturahmi antar kwartir cabang yang diikuti oleh 23 kabupaten kota di Aceh, dimana pelaksanaan MTQ Tunas Ramadhan Gerakan Pramuka Kwarda Aceh pada tahun 2015 lalu, dilaksanakan di Kabupaten Aceh Barat.

“Kita harapkan tidak hanya untuk gerakan Pramuka Kwarda Aceh namun untuk seluruh masyarakat Aceh agar dapat meningkatkan kesadaran, karena melalui Alquran dapat mengubah sikap manusia dari sisi negatif menjadi positif,” katanya.

Muzakir Manaf mengajak setiap perwakilan kabupaten/kota di seluruh Aceh  untuk terus bersaing dan berkarya serta tidak mengecewakan daerah masing-masing.

“Harapan daerah jangan disia-siakan, semuanya diharapkan harus menjadi juara,” tutur Mualem.

Lanjutnya, pramuka mempunyai peran besar dalam membentuk peran generasi muda. Serta membentuk karakter dan kecakapan hidup.

“Kami yakin pramuka di Aceh semakin terus berkembang dari waktu ke waktu. Dan terus membina para anak bangsa,”ujarnya.

Untuk juara satu bagi penegak tilawah putra dan putri akan diberangkatkan umrah tahun depan dan penggunaan dana dari APBA. [Randi]

Related posts