Aksi mogok kerja buruh PTPN-1 Cot berlanjut

Aksi demonstrasi buruh di halaman kantor PTPN-I di Cot Girek, Rabu (22/6). (Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Aksi mogok kerja yang dilakukan ratusan buruh maupun karyawan perkebunan kelapa sawit PTPN-I Cot Girek, Aceh Utara masih berlanjut. Bahkan, jumlah mereka yang mencapai hingga ratusan orang lebih kali ini menggelar aksi demonstrasi di halaman kantor PTPN-I di Cot Girek, Rabu (22/6).

Aksi yang dikawal ketat anggota Polres Aceh Utara itu dilakukan untuk menuntut pihak managamen segera membayar gaji bulan Mei dan Tunjangan Hari Raya (THR) tanpa adanya pemotongan apapun.

Jika tuntutan mereka masih tidak dipenuhi, para buruh akan melanjutkan aksi mogok kerja sampai pihak perusahaan melunasi gajinya.

“Jika tuntutan kami tidak dipenuhi, maka kami para buruh akan terus melanjutkan aksi mogok kerja. Sudah lelah kami untuk bersabar, dan sekarang tak bisa lagi untuk bersabar. Kami minta hak-hak kami segera dipenuhi demi menghidupi anak dan istri kami di rumah,” ujar koordinator aksi, Lodi, yang disambut yel-yel oleh ratusan buruh yang sama.

Perwakilan perusahaan melalui Asisten Tata Usaha (ATU), Hakim Susanto dan Asisten Personalia Umum (APU), Abdul Latief menemui para pendemo.

“Kepada buruh kami minta untuk tetap bersabar, karena perusahaan sedang masih mengupayakan untuk segera melunasi hak-hak kalian sekaligus THR. Saat ini perusahaan sedang krisis berat, dan kami akan terus berkoodinasi dengan direksi untuk segera melunasi gaji,” ucap Hakim.

Pihak perusahaan PTPN-I meminta kepada para buruh untuk tetap bekerja seperti biasanya dan jangan lagi melakukan konvoi ke area perkebunan PTPN-I untuk mengajak rekan yang lain agar mogok kerja.

“Saya harap para buruh jangan lagi mogok kerja, silakan kalian bekerja seperti hari biasanya sembari menunggu gaji. Insya Allah kami upayakan sebelum Idul Fitri,” kata Hakim. [Rajali Samidan]

Related posts