Korut dikabarkan gagal uji coba rudal Musudan

Misil balistik Musudan dalam sebuah parade militer di Pyongyang, Korea Utara.. (AFP)

Seoul (KANALACEH.COM) – Uji coba rudal jarak menengah Korea Utara yang dirancang untuk dapat menyerang pangkalan AS di Guam yang digelar pada Rabu (22/6) mengalami kegagalan.

Jika pernyataan Kementerian Pertahanan Korea Selatan ini terkonfirmasi maka ini adalah sebuah kemunduran dari program pengembangan senjata yang dilakukan Korea Utara.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, Korea Utara menembakkan peluru kendali yang diyakini adalah roket Musudan, yang diperkirakan memiliki daya jelajah antara 2.5000-4.000 kilometer.

“Peluncuran itu nampaknya gagal,” ujar pejabat tersebut tanpa memberi perincian.

Tahun ini, Korea Utara sudah empat kali mengalami kegagalan saat melakukan uji coba roket Musudan, yang dirancang bisa menghantam daratan Jepang hingga Guam.

Rudal Musudan ini pertama kali dipamerkan pada sebuah parade militer di Pyongyang pada 2010. Meski dibanggakan sebagai buatan asli negeri itu, tetapi belum sekalipun uji coba roket ini sukses.

Tiga kegagalan uji coba terjadi pada April yang dianggap sebagai sebuah hal memalukan oleh para pemimpin negeri itu sebab terjadi menjelang kongres partai yang ditujukan untuk merayakan pencapaian Korea Utara.

Musudan kemudian menjalani satu uji coba lagi pada Mei lalu tetapi juga mengalami kegagalan. Kegagalan ini agaknya tak berbanding lurus dengan klaim Korea Utara selama beberapa bulan belakangan.

Negeri itu kerap mengklaim telah sukses mengembangkan teknologi misil balistik antarbenua (ICBM) yang mampu mengangkut hulu ledak nuklir ke berbagai sasaran di wiayah Amerika Serikat.

Berbagai klaim prestasi itu antara lain membuat hulu ledak nuklir mini sehingga bisa dipasang di sebuah misil, mengembangkan hulu ledak yang tahan gesekan atmosfer dan menciptakan mesin roket berbahan bakar padat. [Kompas]

Related posts