2.159 orang lulus SBMPTN di Unsyiah

Logo Unsyiah. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 2.159 orang peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. Kelulusan ini diumumkan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada Selasa (28/6).

Hasil tersebut mulai dapat diakses sejak pukul 14.00 WIB pada laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id serta di 12 server mirror di 12 perguruan tinggi negeri (PTN). Salah satu server mirror tersebut berada di Unsyiah dengan alamat: https://sbmptn.unsyiah.ac.id.

Humas SBMPTN Unsyiah, Ilham Maulana mengatakan, di antara peserta yang dinyatakan lulus ini, terdapat sebanyak 401 orang pelamar beasiswa pendidikan Bidikmisi. Secara keseluruhan, jumlah pelamar beasiswa ini di seluruh Indonesia melalui jalur SBMPTN sebanyak 124.398 orang.

“Sementara, jumlah pendaftar jalur SBMPTN total di seluruh Indonesia berjumlah 721.928 orang. Mereka bersaing untuk masuk ke salah satu di antara 78 PTN di seluruh Indonesia. Daya tampung total seluruh PTN adalah 126.804 orang,” kata Ilham Maulana dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Selasa (28/6).

Ia menambahkan, sebanyak 42.663 orang peserta SBMPTN dari seluruh Indonesia menempatkan Unsyiah sebagai salah satu tujuan mereka tahun ini. Sebanyak 14.720 orang di antaranya bahkan menempatkan Unsyiah sebagai pilihan pertama.

“Namun, hanya 14.493 orang peserta yang mengikuti ujian tulis SBMPTN di panitia lokal Unsyiah Banda Aceh,” ujarnya.

SBMPTN, kata Ilham merupakan jalur kedua untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dengan metode tes tulis. Sebelumnya, sebanyak 40 persen dari jumlah mahasiswa baru Unsyiah telah diterima melalui jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Selain itu, masih ada satu jalur terakhir untuk mengakses perguruan tinggi yaitu jalur mandiri yang akan dilakukan setelah pengumuman SBMPTN. Khusus di Unsyiah, porsi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dan jalur mandiri masing-masing adalah 35 persen dan 25 persen.”

Ia menambahkan, pendaftaran jalur terakhir, yaitu jalur mandiri yang sering disebut Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT), sebenarnya telah dimulai sejak 16 Mei lalu, dan akan berakhir tanggal 22 Juli mendatang.

“Hingga Senin (27/6) sore kemarin, jumlah pendaftar di jalur ini masih sangat minim, yaitu baru 214 orang. Tahun lalu, jumlah pendaftar UMB-PT akan membludak setelah pengumuman SBMPTN,” demikian Ilham Maulana. [Sammy/rel]

Related posts