Ilmuwan berhasil tumbuhkan tanaman di Mars

Tanaman ternyata bisa tumbuh di tanah Mars (Wageningen University)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Salah satu kendala dalam menjelajahi Mars adalah ketersediaan suplai makanan untuk astronot yang dikirim ke planet tersebut.

Masalahnya, akan sangat sulit bagi agensi luar angkasa seperti NASA untuk mengirimkan suplai kebutuhan sehari-hari ke Mars karena selain akan memakan banyak biaya, proses pengirimannya juga tidak mudah. Itulah mengapa akan sangat baik bila astronot bisa bercocok tanam di Mars.

Apakah itu mungkin dilakukan? Sejauh ini hanya astronot Mark Whitney di film The Martian yang digambarkan bisa bercocok tanam di Mars. Namun para ilmuwan tidak menyerah. Baru-baru ini mereka dilaporkan berhasil menumbuhkan tanaman di tanah buatan yang kondisinya menyerupai tanah di Mars.

Menurut Popular Science, ilmuwan dari Wageningen University tersebut menggunakan tanah khusus yang beberapa kandungan mineral serta organiknya diambil, sehingga meneyrupai tanah dari Mars. Sejak tahun 2013 mereka telah melakukan eksperimen ini, namun baru-baru ini mepublikasikan hasil eksperimennya yang ternyata sukese besar.

Para ilmuwan mengatakan bila mereka telah bisa menanam berbagai macam tanaman mulai dari gandum, lobak, kacang polong, hinga tomat. Semuanya berasil ditanam dan sama sekali tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia.

Salah satu kendala dalam menanam tanaman di Mars adalah kandungan tanahnya yang minim zat organik dan memiliki pH yang tinggi. Selain itu, tanah di Mars dikhawatirkan memiliki elemen berbahaya seperti logam berat yang akan membahayakan manusia.

Namun sejauh ini, ilmuwan sama sekali tidak menemukan satupun masalah. Tentunya ini adalah pencapaian besar yang bisa menyokong misi Mars ke depannya. [Metrotvnews]

Related posts