Basarnas Aceh tingkatkan pelatihan penyelamatan

Rescuer tingkatkan pelatihan guna persiapan siaga menjelang lebaran 2016, di kantor SAR Aceh, Selasa (28/6). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan SAR Nasional (Basarnas) Aceh meningkatkan latihan-latihan penyelamatan bagi rescuer guna memberikan dampak pelaksanaan operasi SAR yang efektif dan efisien.

Hal itu dikatakan oleh kepala Basarnas Aceh, Suyatno, saat melakukan apel kesiapan siaga lebaran 2016 di kantor Basarnas Aceh, Selasa (28/6).

“Dari latihan ini, kita ingin melihat bagaimana kesiapan para rescuer. Kemampuan personil SAR harus betul-betul profesional, mempuni disegala bidang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan itu juga didasari oleh falsafah SAR yaitu, LAST (locate, acces, stabilize dan transportasi).

Landasan ini menjadi penting sebagi pertimbangan untuk membentuk penolonh-penolong yang handal dan mempuni.

Tambahnya, ia menyadari bahwa setiap kemungkinan bisa saja terjadi. Apalagi, saat ini bertepatan dengan acara siaga lebaran 1437 Hijriah.

Pihaknya akan menyiapkan posko dibeberapa titik yang dianggap rawan akan bencana.

Pada apel siaga tersebut juga diikuti oleh, Ditlantas Polda Aceh, KSOP, BPBA, Orari, Rapi, Pramuka, PMI, Lanud Sultan Iskandar muda dan Rescuer dari Basarnas. Kemudian, Basarnas juga meresmikan sentra pelayanan SAR di kantor SAR Banda Aceh. [Randi]

Related posts