Hampir semua pedagang mie di Lhokseumawe gunakan boraks

Mie yang mengandung boraks. (Serambi)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Berdasarkan pantauan di beberapa pasar di Lhokseumawe, hampir semua pedagang mie menggunakan cairan berbahaya, yaitu boraks.

Untuk mengelebui petugas dari pemeriksaan, pedagang tidak mengatakan itu boraks mereka mengatakan salah satu bahan campuran mie yaitu “air abu”.

Kepala Dinkes Lhokseumawe, Dr Sayed Alam, Selasa (28/6) mengatakan setiap pedagang yang telah diperiksa sampel mie, mengaku hampir semua meggunakan cairan berbahaya itu.

“Hampir semua kita temui menggunakan cairan boraks sebagai bahan baku mie yang dijual pedagang saat ini,” jelasnya.

Dikatakan, mereka tidak tahu bahwa itu adalah cairan yang berbahaya saat dikonsumsi oleh manusia, apa lagi bahan boraks itu sangat berbahaya jika masuk ke tubuh manusia.

“Tadi siang (kemarin,red) kita ke pasar Geudong, kita menemukan cairan boraks yang digunakan untuk bahan baku mie, pengakuan pedagang bahan itu bisa membuat mie lebih tahan lama, tampak segar dan berkilat,” ungkapnya.

Jadi kita imbau kepada pedagang mie atau yang mengedarkan bahan boraks jangan lagi menggunakan cairan berbahaya itu, karena sangat membahayakan pembeli ketika dikonsumsi. [Serambi]

Related posts