Kurikulum mewajibkan kegiatan Pramuka

Upacara Pramuka SMAN 1 Darul Makmur. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Nagan Raya (KANALACEH.COM) – Ratusan siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darul Makmur mengikuti ekstrakulikuler Pramuka, di Desa Padang Jati, Jumat (15/7).

Kegiatan Pramuka tersebut dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013, yang mengharuskan siswa mengikutinya.

“Pramuka merupakan suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa, sesuai dengan kurikulum sekarang,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Darul Makmur, Januar saat menjadi pembina pada acara tersebut.

Pramuka ini, lanjut Januar, ialah bertujuan pada pembentukan sikap, dan mental, apalagi saat ini sangat banyak siswa yang terjerumus dalam hal negatif.

“Disini kita diajarkan untuk kedisiplinan diri, maka jika kita sudah laksanakan itu, kesuksesan ada di depan kita,” tegas Januar kepada siswanya.

Sementara itu, ketua Osis Rahmat mengatakan bahwa acara pramuka yang dilaksanakan di sekolahnya, sudah sering dilakukan, namun untuk orintasi awal masuk siswa baru, perdana dilakukan pada tahun ini.

“Ia ini sesuai perintah dari sekolah, untuk mengelar kegiatan pramuka, dan waktu kegiatannya dua hari,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut tambahnya, juga di bantu para Alumni yang berkecimbung dalam pramuka.

“Alumni juga ikut membantu, namun untuk malamnya pihak sekolah tidak mengizinkan karena sering terjadi kesurupan disini,” pungkasnya.

Tetapi untuk besok katanya lagi, siswa yang mengikuti kegiatan itu akan mempraktekkannya, sesusai dengan materi diberikan.

“Mulai besok kita akan menjelajah,” tuturnya dengan singkat. [Fahzian Aldevan]

Related posts