Van Gaal calon kuat pelatih timnas Belgia

Louis van Gaal. (AMA)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kursi pelatih timnas Belgia kini sedang kosong menyusul dipecatnya Marc Wilmots. Federasi Sepakbola Belgia, KBVB, langsung bergerak mencari pengganti Wilmots.

Setelah merunut beberapa nama, KBVB menemukan satu calon yang dirasa pantas menduduki kursi pelatih kepala timnas Belgia. Dia adalah mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal.

Nama Van Gaal muncul dalam bursa pelatih timnas Belgia setelah Presiden KBVB, Fraancois de Keersmaecker, merekomendasikannya. Direktur Teknik KBVB, Chris van Puyvelde, pun setuju dengan Keersmaecker.

Puyvelde menyatakan KBVB membutuhkan pelatih berpengalaman demi mengasah kemampuan Eden Hazard Cs. Namun, Puyvelde menyatakan Van Gaal tak akan langsung ditunjuk. Dia harus mengajukan lamaran dan menjalani serangkaian tes.

“Ini proses terbuka. Saya berharap kotak masuk di surat elektronik saya membludak. Kami mau kandidat yang sudah berpengalaman dan meraih banyak prestasi di sepakbola internasional,” kata Puyvelde.

“Dia harus memainkan sepakbola modern. Kandidat pelatih harus punya taktik yang variatif dan fleksibel untuk diadaptasikan ke tim. Jadi, nantinya pola bermain tak sama di setiap pertandingan. Dia harus bisa membawa pemain bermain di level tertinggi,” lanjutnya seperti dilansir Daily Mail.

Puyvelde menyatakan sang pelatih juga harus siap menghadapi tekanan tinggi. Sebab, menurutnya, The Red Devils saat ini sedang dikaruniai generasi emas.

“Jadi, pelatih harus bisa mengimbangi level pemain kami yang sudah tinggi. Kami memiliki generasi yang spesial saat ini,” terang Puyvelde. [Viva]

Related posts