D­III FMIPA Unsyiah buka jalur masuk afirmasi

Logo Unsyiah. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Program Studi (Prodi) Diploma III Manajemen Informatika (DIII MI) dan Prodi Diploma III Teknik Elektronika (DIII TE) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah menawarkan jalur masuk afirmasi untuk penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2016.

Jalur masuk ini merupakan jalur khusus undangan tanpa test dengan syarat-syarat tertentu. Hal tersebut disampaikan oleh Dekan FMIPA, T. M. Iqbalsyah di Banda Aceh, Rabu (20/7).

Sebanyak 40 mahasiswa baru DIII TE dan 80 mahasiswa baru DIII MI akan diterima melalui berbagai jalur masuk tahun ini. 20 orang dari jumlah yang akan diterima di Prodi D-III TE dan 24 orang dari mahasiswa baru D-III MI akan diterima melalui jalur afirmasi. Sementara sisanya akan diterima melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) dan Ujian Mandiri Diploma.

Iqbalsyah mengungkapkan bahwa jalur afirmasi ini dibuka untuk menjawab minat para lulusan SMA/MA/SMK yang memang berhasrat untuk masuk ke kedua prodi DIII di FMIPA ini.

“Paling tidak, jalur ini dibuat untuk menjawab permintaan masyarakat yang juga menginginkan masuknya Prodi DIII dalam jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),” ujarnya.

Syarat lain yang harus dipenuhi untuk mendaftar pada program ini adalah nilai rapor di atas KKM dalam tiga semester terakhir, serta mendapatkan rekomendasi dari wali kelas atau kepala sekolah. Selain itu, peserta yang memiliki prestasi tertentu dalam bidang sains, olah raga, seni, MTQ dan sebagainya, akan diprioritaskan untuk diterima melalui jalur ini.

Menurut Iqbalsyah, sebagian besar alumni kedua prodi ini bahkan telah bekerja di beberapa instansi dan perusahaan, serta menjadi wirausahawan di berbagai kota di Indonesia.

Informasi lengkap tentang jalur masuk afirmasi ini dapat diakses di laman http://fmipa.unsyiah.ac.id/ [Sammy/rel]

Related posts