Forgeppa menilai proyek videotron kurang tepat

Ilustrasi videotron. (Ist)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Forum Gerakan Pemuda Peduli Aceh (Forgeppa) menilai proyek pengadaan perangkat tekhnologi videotron senilai Rp 8,5 miliar milik Dinas Pendidikan Aceh yang tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2016 sangat kurang tepat.

Penegasan itu disampaikan Ketua Umum Forgeppa, Arsyad Lawet dalam diskusi dengan sejumlah mahasiswa dan pemuda Aceh di Kafe Sahabat Kopi, Jakarta Selatan, Rabu (20/7)

“Proyek videotron dengan harga fantastis tersebut kurang tepat, mengingat permasalahan pendidikan di Aceh yang masih sangat komplit, mulai dari peringkat Ujian Nasional Aceh yang jauh dari sasaran sampai infrastruktur sekolah di pedalaman Aceh masih belum memadai,” katanya.

Menurut Arsyad, Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Pendidikan Aceh harus jeli dalam melihat kondisi pendidikan Aceh saat ini, dan melakukan upaya-uapaya nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.

“Videotron bukanlah solusi kongkrit dalam upaya memperbaiki kondisi pendidikan Aceh yang kian terpuruk, masih banyak hal yang mendesak yang mesti dilakukan pemerintah untuk memajukan pendidikan di Aceh” ungkapnya.

Dikatakannya, kualitas pendidikan Aceh saat ini masih rendah dan bisa dibilang memprihatinkan.

Lanjutnya, masih sering dijumpai bangunan sekolah yang buruk kondisinya, kualitas guru yang masih rendah, siswa tidak mendapatkan pasokan buku yang memadai, serta masih banyak sekolah yang belum memiliki laboratorium, dan perpusatakan yang kurang memadai.

“Sarana dan prasarana pembelajaran juga turut menjadi faktor semakin terpuruknya pendidikan di Aceh, terutama bagi penduduk di daerah terbelakang,” jelasnya.

“Selain memperbaiki sarana dan prasaran sekolah, pemerintah juga harus melalukan kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru, hal ini tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas mereka,” tambah Arsyad.

Menurutnya, dengan meningkatkan standar kualitas guru di Aceh, kualitas pendidikan pun akan meningkat secara signifikan. [Aidil/rel]

Related posts