Aceh berduka, dua ulama meninggal pada hari yang sama

Abuya Djamaluddin Waly. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kabar duka menyelimuti seluruh masyarakat Aceh. Dua Ulama kharismatik dan berpengaruh di Aceh, Tgk. H. Mukhtar Lutfi atau lebih dikenal Abon Seulimum dan Abuya Jamaluddin Waly meninggal dunia, pada Kamis (21/7).

Abon Seulimum yang merupakan Pemimpin Dayah Ruhul Fata Seulimum, Aceh Besar, meninggal sekitar pukul 07.30  pagi di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

Sementara  Abuya Jamaluddin Waly, Pemimpin Dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan menghembuskan napas terakhirnya di RSUD Teuku Pekan Blang Pidie, Abdya, sekitar 23.00 malam.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, melalui kepala Biro Humas Setda Aceh, Frans Dellian menyampaikan belasungkawa  atas berpulangnya kedua ulama besar Aceh itu.

“Kita sangat kehilangan, di hari yang sama dua ulama Kharismatik Aceh telah dipanggil oleh Allah Swt. Atas nama pribadi dan Pemerintah Aceh, saya menyampaikan belasungkawa dan duka cita yang mendalam,” kata Zaini.

Zaini Abdullah mengatakan, kontribusi ulama terhadap syiar agama Islam dan pembangunan Aceh sangat besar. Meninggalnya dua ulama meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Aceh.

Zaini bersama beberapa Kepala SKPA dan Kapolda Aceh sempat melayat ke kediaman Abon Seulimum di Dayah Ruhul Fata, Kamis (21/7) pada pukul 11.00 WIB.

Siang ini, sekitar pukul 12.00 WIB, Zaini Abdullah bersama rombongan direncanakan juga akan melayat ke rumah duka Abuya Jamaluddin Waly di Kompleks Dayah Darussalam Labuhan Haji. [Sammy/rel]

Related posts