BPJS Ketenagakerjaan sosialisasikan jaminan sosial di Pasar Aceh

Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh saat memberikan sosialisasi kepada tukang becak di Pasar Aceh. (Kanal Aceh/Saky)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh menggelar sosialisasi jaminan sosial langsung kepada masyarakat di Pasar Aceh, pada Jumat (22/7) yang dilakukan oleh seluruh karyawan dan karyawati kantor tersebut.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh, Efa Zuryadi menerangkan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan pihaknya tersebut, sebagai wujud program BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh menyapa warga.

Sosialisasi yang dilakukan pihaknya, tambah Efa, dengan memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat dan pentingnya jaminan sosial, dan selain itu juga para karyawan membagikan sovenir dan brosur mengenai jaminan sosial kepada warga yang sedang berbelanja di pasar Aceh, dan juga kepada para pedagang.

Menurutnya, kegiatan dengan cara langsung turun ke masyarakat ini, guna lebih memasifkan program edukasi jaminan sosial, sebab selama ini, tambahnya, kepesertaan sektor informal, seperti jasa perdagangan dan masyarakat umum dalam program BPJS Ketenagakerjaan masih sangat minim.

“Dari sisi pelayanan kesehatan masyarakat Aceh, memang selama ini warga telah dilindungi dengan adanya Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA) yang iurannya disubsidi oleh Pemerintah Aceh guna mengcover biaya pengobatan bagi masyarakat yang sakit,” ujarnya kepada Kanalaceh.com, Senin (25/7).

Namun, lanjutnya, untuk perlindungan kerja belum ada program serupa sehingga masyarakat khususnya yang bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS harus berinisiatif mendaftarkan dirinya secara mandiri. Untuk itu, sebut Efa, saat ini pihaknya telah merancang telah merancang mekanisme pendaftaran yang mudah dan murah bagi masyarakat dan pekerja sektor informal.

“Cukup bayar Rp16.800 dan bawa KTP ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh, para pekerja sudah terlindungi jaminan sosial,” ujarnya. [Saky]

Related posts