Aceh punya potensi besar dalam hal kebudayaan dan pariwisata

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah disambut warga saat tiba untuk membuka festivak pulau banyak dan meresmikan jembatan di Pulau Balai, Aceh Singkil, Minggu (24/7). (Ist)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, menjelaskan daerah Aceh punya potensi yang sangat besar dalam hal kebudayaan dan pariwisata.

Kedua hal tersebut, kata Zaini, merupakan bagian dari aspek pembangunan yang akan dipacu oleh pemerintah, di samping pembangunan infrastruktur, industri, pendidikan, pertanian dan kesehatan.

“Sektor kebudayaan dan pariwisata tidak boleh kita abaikan. Aceh punya potensi yang luar biasa dalam bidang ini,” ujar Zaini Abdullah saat pembukaan Pagelaran Seni dan Budaya — Festival Pulau Banyak, Minggu (24/7).

Aceh Singkil, lanjutnya, termasuk salah satu daerah yang punya potensi untuk pengembangan pariwisata dan pelestarian kebudayaan. Terbukti masyarakat Aceh Singkil masih banyak yang mempertahankan sejumlah tradisi lokal.

“Semua budaya itu harus kita lestarikan agar tidak lekang ditelan arus globalisasi,” ujarnya.

Salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan adalah melalui pagelaran budaya yang diselenggarakan secara berkelanjutan. Itu sebabnya, sambung Zaini, dirinya selalu menekankan kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota agar menfasilitasi kegiatan kebudayaan guna memberi ruang kepada pegiat seni dan anak-anak muda untuk menunjukkan kepeduliannya di bidang seni tradisional.

“Jika forum budaya itu kita abaikan, saya kuatir tradisi lokal yang ada di daerah kita akan hilang secara perlahan,” imbuhnya.

Dalam hal pariwisata, gugusan Pulau Banyak di Aceh Singkil bisa dibilang sebagai salah satu lokasi andalan wisata Aceh yang mengalami kemajuan pesat. Media internasional bahkan menyebut kawasan Pulau Banyak sebagai surga tersembunyi di ujung selatan Aceh.

Karenanya, Zaini mengajak seluruh masyarakat Pulau Banyak agar mempersiapkan diri dalam menyambut setiap tamu yang datang ke daerah Pulau Banyak. “Kita harus dapat menunjukkan bahwa kita adalah tuan rumah yang baik bagi setiap tamu yang datang,” pungkasnya.

Sebagai Kepala Pemerintahan Aceh, dirinya berjanji untuk memberi perhatian bagi kemajuan infrastruktur dan perkembangan wisata di Pulau Banyak.

Bupati Aceh Singkil, Safriadi menyebutkan bahwa sektor pariwisata memang menjadi unggulan di Aceh Singkil. Bupati menyampaikan, dalam tahun ini saja ribuan wisatawan berkunjung ke Pulau Banyak.

Bupati Safriadi meminta agar Pemerintah Provinsi Aceh membantu pemerintah kabupaten membangun sarana dan prasarana penunjang untuk kemajuan Pulau Banyak. “Kami butuh transport (kapal cepat), dan pembangunan infrastruktur seperti di Sabang,” ujar Bupati Safriadi. [Aidil/rel]

Related posts