Pemko tingkatkan keamanan lokasi wisata Sabang

Ilustrasi - Wisata Pantai Gapang di Sabang (Kompas)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota (Pemko) Sabang akan meningkatan keamanan di sejumlah lokasi wisata, agar setiap wisatawan yang berkunjung atau berlibur ke pulau itu aman dan nyaman.

Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam menyatakan, seiring waktu pemerintah akan terus melakukan pembenahan di sejumlah lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Melalui dinas pariwisata kami akan memasang rambu-rambu di sejumlah lokasi wisata bahari, hal ini kita lakukan agar setiap wisatawan berlibur ke Sabang aman dan nyaman,” katanya di Sabang, Kamis (28/7).

Ia mengakui, dalam setahun terakhir ada korban wisatawan di lokasi wisata Iboih, Sabang dan pihaknya meminta kepada sejumlah pelaku usaha pariwisata memperhatikan standar pelayanan pariwisata.

“Selain pemerintah, pelaku usaha pariwisata juga harus peka dengan kondisi ini agar ke depan tidak ada lagi korban wisatawan di lokasi wisata,” ujarnya.

Zulkifli mengatakan, musibah yang terjadi di lokasi wisata Sabang juga disebabkan oleh para wisatawan yang mengabaikan standar-standar snorkling maupun diving.

“Tour guide diving dan snorkling di Sabang ada yang sudah mengantongi sertifikat internasional dan mereka menyosialisasikan kepada pengunjung agar tidak melakukan aktivitas wisata seorang diri tanpa didampigi tour guide, tapi ada wisatawan  yang mengabaikan ini,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau semua pelaku usaha pariwisata dan para wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Weh untuk tetap mematuhi standar pariwisata demi kenyaman dan kemanan.

“Untuk meningkatkan kemanan dan kenyaman pemerintah sudah membagun posko tim SAR di sejumlah pantai dan petugas standby di lokasi tersebut,” ujarnya. [Antaranews]

Related posts