29.4 C
Banda Aceh

Prodi Biologi Unsyiah peroleh akreditasi A

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Program Studi (prodi) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil meraih nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kepastian ini diperoleh setelah BAN-PT mengeluarkan SK Nomor 1125/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016 melalui laman http://ban- pt.kemdiknas.go.id/ Jumat (29/7).

Akreditasi A yang diperoleh prodi Biologi ini akan berlaku hingga 14 Juli 2021. Prodi Biologi yang lahir seiring berdirinya FMIPA Unsyiah pada tahun 1989 sebelumnya memiliki nilai akreditasi B. Prodi Biologi adalah prodi ketiga dari FMIPA yang berhasil meraih nilai akreditasi A dari BAN-PT dalam tahun 2016 ini. Sebelumnya, Prodi Fisika dan Prodi Matematika dari fakultas yang sama telah lebih dahulu memperoleh nilai terbaik tersebut.

Sementara itu, salah satu prodi FMIPA klasik lainnya, yaitu Kimia juga memperoleh nilai akreditasinya dalam tahun ini. Namun nilai yang diperoleh adalah B. Prodi Kimia telah mengirim surat banding ke BAN-PT beberapa bulan lalu untuk peninjauan kembali nilai B yang mereka peroleh, hal ini disebabkan oleh terdapatnya beberapa poin yang dianggap kurang tepat dipersepsikan oleh tim penilai, sehingga nilai akreditasi FMIPA Kimia hanya kurang 2 point saja dari nilai terbaik A. Tim penilai ulang (reakreditasi) dari BAN-PT saat ini sedang berada di Prodi Kimia untuk melakukan visitasi kedua.

- Advertisement -

Dekan FMIPA, Dr. TM Iqbalsyah M Sc mengungkapkan kegembiraannya dengan keberhasilan ketiga Prodi di lingkungan FMIPA ini dalam meraih nilai akreditasi terbaik. Meskipun ketiga prodi tersebut meraih nilai terbaik di masa kepemimpinannya, namun Iqbalsyah menolak pendapat bahwa hasil tersebut adalah hasil kerjanya.

“Ini adalah hasil dari kerjasama semua pihak, dan bukan hasil instan yang kita usahakan dalam dua tiga tahun terakhir saja, tetapi ini lebih merupakan akumulasi dari hasil kerja sejak lama dari semua individu yang ada di FMIPA,” ujar Iqbalsyah dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Senin (1/8).

Sementara itu, ketua Program studi Biologi, Dr. Betty Mauliya Bustam, M.Si mengaku sangat senang dengan pencapaian Prodinya ini, Betty menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga untuk seluruh civitas akademika Prodi Biologi serta FMIPA secara umum atas seluruh dukungan, sehingga nilai akreditasi terbaik ini bisa dicapai.

Selain Prodi Biologi, FMIPA saat ini telah memiliki sembilan program studi. Dua prodi baru yang lahir kemudian merupakan prodi favorit dalam setiap jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di Unsyiah, yaitu Prodi Informatika dan Prodi Farmasi.

Sementara itu, dua prodi lainnya merupakan program diploma III, yaitu D-III Manajemen Informatika, dan D-III Teknik Elektronika. Kedua Prodi D-III ini sedang menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui beberapa jalur, termasuk melalui jalur bebas test (afirmasi). Info lengkap tentang sistem penerimaan D-III ini dapat diakses di laman fmipa.unsyiah.ac.id. [Aidil/rel]

Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru