Tiga besar kandidat pemain terbaik Eropa

Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal), Gareth Bale (Real Madrid/Wales), dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Perancis) menjadi tiga finalis Pemain Terbaik Eropa 2015-2016. (UEFA)

Nyon (KANALACEHCOM) – UEFA telah mengumumkan pemain-pemain yang masuk tiga besar kandidat pemain terbaik di Eropa 2015/2016. Pemain-pemain itu adalah Gareth Bale, Antoine Griezmann, dan Cristiano Ronaldo.

Bintang Barcelona, Lionel Messi, tak masuk tiga besar. Messi cuma menempati posisi kelima dalam voting putaran kedua.

Penentuan peraih penghargaan Pemain Terbaik di Eropa dilakukan lewat voting yang melibatkan para jurnalis dari 55 negara anggota UEFA.

Dalam putaran pertama, para jurnalis itu diminta menuliskan lima pemain terbaik pilihan mereka. Pilihan pertama mendapatkan lima poin, pilihan kedua empat poin, pilihan ketiga tiga poin, dan seterusnya.

Sepuluh pemain yang mendapatkan poin terbanyak lolos ke voting putaran kedua. Dalam voting putaran kedua inilah, Bale, Griezmann, dan Ronaldo menempati tiga besar.

Siapa yang akan menjadi peraih penghargaan Pemain Terbaik di Eropa 2015/2016 akan dilakukan melalui voting di Monako pada 25 Agustus mendatang, bersamaan dengan acara drawing fase grup Liga Champions.

Penghargaan Pemain Terbaik di Eropa ini sendiri diberikan kepada para pesepakbola yang bermain untuk klub Eropa dan dikategorikan tampil paling jempolan pada musim sebelumnya.

Messi dua kali memenangi penghargaan ini, yaitu pada 2011 dan 2015. Pemain lain yang pernah meraih penghargaan ini adalah Andres Iniesta (2012), Franck Ribery (2013), and Ronaldo (2014). [Detik]

Hasil voting putaran kedua (posisi 4-10):
4. Luis Suárez (Barcelona & Uruguay) – 29 poin
5. Lionel Messi (Barcelona & Argentina) – 25
6. Gianluigi Buffon (Juventus & Italia) – 19
7. Pepe (Real Madrid & Portugal) – 9
8. Manuel Neuer (Bayern Munich & Jerman) – 6
9. Toni Kroos (Real Madrid & Jerman) – 5
10. Thomas Mueller (Bayern Munich & Jerman) – 2

Related posts