Enam Panwascam di Sabang dilantik

200 orang daftar jadi PPK Langsa, yang diterima 15 orang
Dokumentasi - Pelantikan enam anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Sabang di aula lantai 3 Kantor Bappeda Sabang, Sabtu (6/8). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Jelang Pilkada 2017, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Sabang melantik enam anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kota Sabang di aula lantai 3 Kantor Bappeda Sabang, Sabtu (6/8).

Keenam anggota tersebut dibagi dalam 2 kecamatan, untuk wilayah Kecamatan Sukakarya yang bertugas sebagai Panitia Pengawas Pemilihan adalah Maimun, Oka Djunaidi, dan Sunarno, S.Pd.I sementara untuk wilayah Kecamatan Sukajaya Anwar, Marsono, dan T. Hilnanda Afriza.

Ketua Panwaslih Kota Sabang, Oryza Sativa mengatakan, panitia pengawas merupakan garda terdepan dalam pengawasan pilkada di tingkat kecamatan dan apabila menemukan pelanggaran tiap anggota pengawas diminta untuk menindak sesuai dengan aturan yang berlaku dan kode etik penyelenggara pilkada.

Panitia pengawasan, kata Oryza diminta aktif terhadap seluruh elemen masyarakat di kecamatan masing-masing agar dapat menjalankan tugas dan kewajibannya untuk mengawasi tahapan di wilayah kecamatan.

“Saya berharap Panwas di kecamatan bisa bertugas dengan sebaik-baiknya, lebih bisa mengutamakan kepentingan demokrasi daripada kepentingan golongan, netralitas dan independensi serta tidak diskriminatif dan memperlakukan sama partai politik dengan baik,” Kata Oryza Sativa kepada Kanalaceh.com, Sabtu (6/8).

Wali Kota Sabang yang diwakili staf ahli bidang sosial dan pembangunan, Amiruddin mengatakan kepada anggota panwascam yang baru dilantik agar dapat mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu, menerima laporan pelanggaran peraturan perundang-undangan pemilih, dan menyelesaikan sengketa dalam penyelenggaraan pemilu.

“Tugas sebagai panitia pengawas pada Pilkada 2017 di Sabang akan menghadapi tantangan dan rintangan. Untuk itu diharapkan kepada seluruh anggota panitia pengawas pemilihan agar dapat menjalankan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab dan mengutamakan independensi,” tuturnya. [Diki Arjuna]

Related posts