Bunda Paud: Kurikulum berbasis Alquran bentuk karakter anak

Bunda Paud, Niazah A.Hamid merangkul anak-anak generasi Alquran saat membuka pelatihan guru paud berbasis Alquran di Hotel grand aceh syariah Banda Aceh, Selasa (9/8). (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Bunda Paud yang juga istri dari Gubernur Aceh, Niazah A. Hamid mengatakan pelatihan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memiliki kurikulum berbasis Alquran dapat mengubah perilaku dan akhlak anak.

Kurikulum ini nantinya akan menambah ilmu dan membentuk karakter. Kemudian, bagaimana menanamkan karakter nabi Muhammad kepada anak-anaknya dan dapat mendorong mutu pendidikan yang berkualitas.

“Ini berguna untuk membangun kemandirian dan pencerahan bagi orang tua maupun guru tentang pentingnya mendidik anak usia dini yang berbasis Alquran. Seperti bagaimana menanamkan karakter Nabi Muhammad kepada anak anak,” ujar Bunda Paud saat meresmikan pelatihan bagi guru Paud se-Aceh yang digelar di Hotel Grand Syariah, Banda Aceh, Selasa (9/8).

Ads

Lanjutnya, masa kanak kanak ialah masa paling subur untuk menanamkan norma aqidah yang baik bagi anak-anak. Ia mengharapkan semua orang tua mampu membangun norma dan karakter itu.

Dalam pelatihan itu, tambahnya, juga mampu mendorong agar mutu pendidikan di Aceh berkualitas berdasarkan nilai nilai islami.

“Kita berharap peserta pelatihan yang terdiri dari guru PAUD mampu menyerap semua materi dan nantinya dapat diterapkan kepada muridnya,” harapnya.

Kegiatan pelatihan ini diikuti sekitar 360 orang peserta yang berasal dari guru Paud yang ada di seluruh Aceh. Sedangkan pelatihnya didatangkan langsung dari Jakarta. Pelatihan ini juga berkat kerja sama dengan Dinas Pendidikan Aceh. [Randi]