Gubernur lepas JCH Aceh kloter I

Zaini Abdullah menyampaikan sambutan saat pelepasan kloter pertama JCH Aceh kloter I Embarkasi Banda Aceh di Asrama Haji, Banda Aceh, Rabu (10/8). (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh kloter I di Asrama Haji Emberkasi Aceh, Rabu (10/8).

Zaini berpesan agar para jamaah yang telah mendapatkan kesempatan menyempurnakan rukun islam tersebut, berdoa agar Aceh senantiasa damai di mana rakyatnya hidup makmur, sejahtera dan penuh rahmat dari Allah.

Untuk tahun 2016, Aceh hanya mendapatkan kuota untuk memberangkatkan 3.140 jamaah. Namun demikian, pemerintah, kata Zaini terus melakukan lobi kepada Pemerintah Arab Saudi agar untuk tahun mendatang, kuota haji untuk masyarakat Aceh bisa ditambah.

Tingginya minat masyarakat untuk berhaji bisa dilihat dengan waiting list jamaah yang terus bertambah. Hingga Juni 2016, jamaah haji asal Aceh yang telah mendaftar mencapai 78.115 orang.

“Jika kuota tersebut menjadi rujukan, maka calon jamaah yang mendaftar saat ini baru akan bisa berangkat dalam 25 tahun ke depan,” ujar Zaini.

Zaini telah bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi, Mustafa Ibrahim Al Mubarak di Kedubes Arab Saudi Jakarta pada akhir Maret silam. Dalam pertemuan itu, Mustafa menyambut positif permintaan Zaini.

Penambahan kuota akan diupayakan begitu pembangunan infrastruktur usai dibangun di Arab Saudi. Beberapa waktu lalu, gubernur juga berjumpa dengan Menteri Agama untuk membicarakan hal tersebut.

“Insya Allah tahun depan begitu pembangunan di kawasan Masjidil Haram selesai, kuota untuk kita (Aceh) akan ditambah,” tuturnya. [Sammy/rel]

Related posts