Manor Racing putuskan kontrak Rio Haryanto

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto. (Manor Grand Prix Racing Ltd)

Banbury (KANALACEH.COM) – Rio Haryanto dipastikan urung menyelesaikan musim balap Formula 1 (F1) 2016 secara penuh. Posisi dia di Manor Racing Team digantikan oleh pebalap yunior Mercedes yang berlaga di ajang DTM 2016, Esteban Ocon.

Pergantian kursi pebalap dalam tubuh Manor terjadi setelah Rio, yang berstatus pay driver, gagal menuntaskan sisa pembayaran yang telah jatuh tempo. Rio pun akhirnya hanya bisa menjalani 11 seri balap F1 alias cuma separuh musim.

Ocon mengaku senang dengan keputusan Manor yang menunjuknya sebagai pengganti Rio. Pebalap Mercedes pada seri DTM itu mengatakan siap melakoni tugas barunya.

“Saya sangat senang akan melakukan debut balapan F1 dengan Manor Racing akhir bulan ini dan Sirkuit De Spa-Francorhamps merupakan sirkuit terbaik di negara saya,” tutur Ocon yang dilansir Motorsport, Rabu (10/8).

“Saya siap menjalani kenaikan kelas yang menyenangkan ini. Terima kasih kepada pengalaman yang saya dapat sebagai pebalap pengganti F1 (di tim Renault) pada musim ini,” ucap Ocon.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Renault Sport F1 dan Mercedes-Benz yang telah bekerja bersama untuk memastikan ini terjadi, dan kepada Manor Racing untuk kesempatan yang diberikan,” kata pebalap asal Perancis itu.

Ocon (19) tercatat sebagai pebalap binaan tim balap Mercedes. Selain membela tim pabrikan Jerman tersebut pada DTM 2016, Ocon juga menjadi pebalap pengganti tim F1 Renault.

Sepanjang musim 2016, Ocon telah menjajal mobil F1 sebanyak empat kali. Ocon terakhir kali memacu jet darat milik Renault pada sesi latihan bebas pertama GP Jerman di Hockenheimring, 29 Juli lalu. [Kompas]

Related posts