Lintas komunitas gelar diskusi peringati 477 tahun hubungan Aceh-Turki

Diskusi kisah perjalanan Aceh dan Turki di kompleks makam Tgk Di Bitai perkampungan Aceh-Turki, Gampong Bitai Banda Aceh, Rabu (10/8). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Lintas komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Gabungan Komunitas (Gata) Aceh menyelenggarakan acara diskusi kisah perjalanan Aceh dan Turki di kompleks makam Tgk Di Bitai perkampungan Aceh-Turki, Gampong Bitai Banda Aceh, Rabu (10/8).

Hal tersebut dilakukan untuk memperingati 477 tahun hubungan persaudaraan antara Aceh dan Turki.

Kegiatan tersebut juga dihiasi dengan penyampaian hikayat turki oleh Muammar, penyampaian manuskrip Aceh dan Turki oleh Masykur, testimoni orang Aceh yang tinggal di Turki serta tausiah sejarah Aceh dan Turki oleh Abdurrahman Kaoy.

Ketua panitia penyelenggara Teuku Farhan mengatakan Gata merupakan gabungan komunitas Aceh yang terbentuk secara spontan. “Momen kali ini kita angkat karena sudah  477 tahun hubungan Aceh dengan Turki,” kata Farhan.

Tujuannya, kata Farhan untuk mengenalkan kembali sejarah Aceh, karena masih ramai yang tidak tahu adanya hubungan antara Aceh dan Turki yang dulu lebih dikenal dengan Kesultanan Ottoman.

“Sangat penting acara seperti ini dilakukan supaya generasi muda dapat mengenal sejarah dan agar mereka tahu identitas diri mereka,” ujarnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts