Klopp tantang para pemain saling perjuangkan posisi

Juergen Klopp. (Getty Images)

Liverpool (KANALACEH.COM) – Sejak awal Juergen Klopp memang ingin membangun tim yang kuat dan punya kedalaman bagus. Dia mau para pemainnya saling berebut posisi di tim utama.

Liverpool bergerak aktif di bursa transfer musim panas ini. Enam pemain sejauh ini sudah didatangkan, antara lain Joel Matip, Loris Karius, Sadio Mane, Ragnar Klavan, Alex Manninger, dan Georginio Wijnaldum.

Kedatangan keenamnya tak cuma memberikan kedalaman untuk skuat Liverpool, melainkan juga menjamin adanya persaingan yang lebih ketat untuk tiap posisi.

Di pos kiper misalnya, meski Karius tengah cedera, namun penjaga gawang 23 tahun itu diyakini akan membuat Simon Mignolet tak bisa bersantai-santai.

Di pos penyerang, ada nama Roberto Firmino, Daniel Sturridge, Divock Origi, Sadio Mane, dan Danny Ings yang berebut untuk tiga posisi jika Klopp memainkan tiga penyerang. Itu belum termasuk Adam Lallana, atau Philippe Coutinho yang bisa bermain di area kedua sisi.

Dengan tak adanya kompetisi Eropa untuk Liverpool musim depan, Klopp mau memanfaatkan sebaik-baiknya waktu istirahat untuk tim. Dia menegaskan tak akan banyak memikirkan soal rotasi dan cuma akan menurunkan pemain-pemain yang siap.

“Ketika kami kalah di final Liga Europa (musim lalu), tidak ada yang berguna darinya ketika itu, cuma setumpuk kekecewaan. Pada akhirnya satu-satunya hal positif tidak tampil di kompetisi Eropa musim ini adalah kami punya lebih banyak waktu untuk berlatih dan itulah yang harus kami gunakan, 100 persen,” kata Klopp di situs resmi klub.

“Itulah sebabnya kami perlu menciptakan sebuah tim yang sangat kuat dengan pemahaman terbaik atas kata ‘tim’. Kami perlu punya kompetisi internal. Kami perlu situasi di mana para pemain mendorong diri mereka dan saling dorong satu sama lain untuk tiap posisi, dan ingin berada di tim karena Anda punya waktu untuk memulihkan diri.”

“Jadi ini bukan tentang Anda harus banyak mengubah tim antara dua laga hari Sabtu atau antara dua laga hari Minggu, ini bukan soal rotasi. Ini soal ‘Oke, siapa yang siap main sekarang? Siapa yang siap untuk menampilkan apa yang kami perlukan di tiap laga spesifik’,” imbuh manajer asal Jerman ini.

Liverpool akan bertandang ke Arsenal di pekan pembuka Premier League musim ini pada Minggu (14/8) malam WIB. [Detik]

Related posts