Lini pertahanan timnas U-19 jadi perhatian pelatih Eduard

Bek timnas U-19, Bagas Adi Nugroho (kiri) dalam sesi latihan skuat Garuda Muda di Stadion Sepak Bola dan Atletik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Rabu (10/8) sore. (Juara.net)

Yogyakarta (KANALACEH.COM) – Lini pertahanan tim nasional (timnas) U-19 menjadi perhatian pelatih Eduard Tjong. Lini tersebut diharapkan bisa solid karena mereka menghadapi lawan-lawan berat pada Piala AFF U-19 di Vietnam.

”Pertahanan dan serangan harus diperbaiki, terutama di lini belakang,” kata Eduard Tjong.

”Saat uji coba melawan tim PON DKI, sektor pertahanan memang sudah menunjukkan peningkatan. Tetapi, saya tetap berharap ada peningkatan lagi,” lanjut pelatih dengan sapaan Edu itu.

Mantan pelatih PS TNI ini memberi perhatian khusus pada Australia yang memiliki postur tubuh lebih tinggi. Salah satu pesaing berat di penyisihan grup ini bakal lebih sering bermain dengan bola-bola atas.

”Kami harus mengantisipasi bola-bola atas, terutama saat melawan Australiayang punya postur lebih tinggi. Mereka akan bermain dengan bola-bola atas,” tuturnya.

Di lini belakang, timnas U-19 memiliki dua pemain yang termasuk senior, Bagas Adi Nugroho dan kiper Awan Setho Raharjo. Keduanya merupakan eks timnas U-19 asuhan Indra Sjafri dan Fachri Husaini.

Selain pertahanan, Eduard juga ingin meningkatkan kerja sama tim. Karena itu, program latihan tim tidak berbeda dengan di Sawangan, Depok, maupun di Yogyakarta.

”Kerja sama tim sudah lebih baik. Pemain sudah bisa bermain satu dua. Tetapi, mereka harus ditingkatkan lagi. Program latihan tim juga tidak berbeda dengan di Sawangan,” ujar Edu.

”Hanya di Yogyakarta, kondisinya memang lebih panas. Kondisi ini akan membantu fisik dan daya tahan pemain. Saya melihat fisik dan daya tahan mereka memang sudah bagus,” tandasnya. [Juara.net]

Related posts