Setiap gampong harus punya PAUD

Pembukaan acara Apresiasi Bunda Paud Aceh, Jumat (12/08). (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang awal dari pembinaan anak. Karena itu, sekolah pradasar ini dipandang penting untuk diadakan di semua gampong di Aceh.

“PAUD merupakan bentuk pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan dan emosional anak,” ujar Niazah A. Hamid, Bunda PAUD Aceh saat membuka acara Apresiasi Bunda Paud Aceh, Jumat (12/08).

Hal tersebut, lanjut istri Gubernur Zaini Abdullah ini, agar anak tumbuh secara berkualitas sehingga lebih siap saat memasuki pendidikan dasar.

Pola pengajaran PAUD, kata Niazah tidak sama dengan sekolah formal. Tingkat kesulitan dalam mengajari para anak usia di bawah enam tahun lebih tinggi dibanding sekolah formal. Secara alamiah, perkembangan setiap anak berbeda, baik inteligensia, bakat, kreativitas, jasmani dan sosialnya.

Niazah menambahkan PAUD penting dan harus dikembangkan di seluruh Aceh agar semua anak punya kesempatan mendapatkan pembelajaran untuk mengasah dirinya sejak dini.

Pencanangan satu desa satu PAUD, lanjutnya sebenarnya telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun baru di dua kabupaten dan kota yaitu Sabang dan Aceh Jaya yang saat ini telah punya sekolah PAUD di tiap desa.

Karena itu, Niazah meminta agar seusai apresiasi Bunda PAUD nantinya, para Bunda PAUD dari 23 kabupaten bisa lebih giat lagi mengkampanyekan pentingnya PAUD ke semua gampong di masing-masing kabupaten. [Sammy/rel]

Related posts