Gubernur hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman , Rabu (17/8) tepat pukul 00.00 WIB dini hari. (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman, Rabu (17/8) tepat pukul 00.00 WIB dini hari.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-71.

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI L Rudy Polandi, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada apel yang diikuti oleh Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara serta Polri.

Sedangkan Gubernur Aceh, Ketua DPRA, Tgk H Muharuddin dan Kapolda Aceh, Irjen Pol Hussein Hamidi, mendampingi di belakang Pangdam Iskandar Muda.

Selain itu, Apel juga dihadiri oleh seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, unsur Forkorpimda Kota Banda Aceh, anggota Korpri dan sejumlah PNS serta Pelajar SMA dan Pramuka.

Rudy Polandi menyatakan penghormatan yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdikan diri pada perjuangan demi negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan kebaktian bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” tuturnya.

Taman Makam Pahlawan Peuniti berisi 395 pusara pahlawan, yang terdiri atas pusara angkatan bersenjata sebanyak 379, pegawai sipil 4 pusara, pejuang rakyat 7 pusara dan pahlawan tak dikenal sebanyak 5 pusara. [Sammy/rel]

Related posts