Jurnalis Aceh gelar aksi solidaritas

Aksi solidaritas Jurnalis Aceh terhadap tindak kekerasan oknum TNI AU kepada Jurnalis di kota medan, aksi ini digelar di depan Mesjid Raya Baiturahman Banda Aceh, Jumat (19/8). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan jurnalis yang ada di Banda Aceh menggelar aksi solidaritas terhadap korban penganiayaan yang dilakukan oleh TNI AU terhadap wartawan di kota Medan beberapa waktu lalu.

Aksi gabungan dari beberapa organisasi pers tersebut digelar di depan Mesjid Raya Baiturahman, Banda Aceh, Jumat (19/8).

Kordinator aksi, Afiffudin dalam orasinya mengecam segala bentuk represifitas yang dilakukan aparat keamanan kepada wartawan.

“Semua jurnalis yang ada di Aceh, mengecam keras terhadap sikap arogan aparat keamanan, yang membuat wartawan di Kota Medan menjadi korban penganiayaan,” ujarnya.

Lanjutnya, jurnalis bekerja dilindungi oleh Undang-undang, maka tidak selayaknya aparat keamanan menghalangi kerja-kerja wartawan, apalagi dalam hal peliputan.

Diketahui sebelumnya, dua wartawan mengalami tindak kekerasan oleh sejumlah anggota TNI AU. Mereka yang menjadi korban adalah Array Argus (Tribun Medan) dan Andri Safrin (MNC TV).

Keduanya mengalami tindak kekerasan saat meliput bentrokan antara warga kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia dengan Prajurit TNI AU. Kekerasan itu mengakibatkan kedua jurnalis mengalami patah tulang dan mendapat perawatan intensif di rumah sakit. [Randi]

Related posts