Lapenkop-Dekopin Aceh gelar pelatihan pemandu koperasi

Logo koperasi. (Ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop) Wilayah Aceh menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemandu Dasar (PPD) I pada tanggal 19-22 Agustus 2016 di Hotel Grand Lambuk Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang bersumber dari dana APBN 2016 ini diikuti oleh 20 peserta pilihan yang berasal dari perwakilan koperasi dan unsur Dekopinwil Aceh dan dilatih langsung oleh 2 Pelatih Lapenkop Nasional, Agus Suheri dan Faishol Chusni.

Ketua Dekopin Wil Aceh, Mahadi Bahtera menyampaikan bahwa acara ini sangat penting dilakukan agar Provinsi Aceh memiliki lebih banyak pemandu koperasi yang siap memberikan pelayanan pendidikan koperasi untuk seluruh koperasi di provinsi Aceh.

Ads

“Kami sangat berharap dan berusaha agar hasil pelatihan ini bisa maksimal, sehingga alumni pelatihan ini dapat berkontribusi pada pengembangan koperasi di Aceh,” ujarnya.

loading...

Pelatih dari Lapenkop Nasional, Agus Suheri menjelaskan bahwa PPD I merupakan jenjang pelatihan pertama dari 5 jenjang pelatihan bagi pemandu koperasi dalam standard Lapenkop Nasional, di mana setelah mengikuti PPD I, harus mengikuti PPD II, setelah itu mengikuti TOT Nasional.

Alumni PPD I sebelum mengambil jenjang pelatihan lanjutan setiap tingkat para pemandu wajib melaksanakan pendidikan anggota (PAg) sebagai syarat dapat mengikuti syarat mengikuti jenjang pelatihan selanjutnya.

“Dengan semakin banyak jumlah pemandu maka semakin banyak koperasi yang terlayani program-program pendidikan koperasi,” kata Agus Suheri.

Kepala Lapenkopwil Aceh, Mahyiddin menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak dan keseriusan peserta selama mengikuti kegiatan tersebut.

“ini merupakan bukti bahwa keseriusan semua pihak untuk membangun koperasi di Aceh agar lebih baik ke depan,” ujar Mahyiddin. [Sammy/rel]

Ads