MPU Aceh Tengah sosialisasikan pentingnya produk halal bagi pelaku usaha

Sosialisasi produk halal di Oproom Setdakab Aceh Tengah, Sabtu (27/8). (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tengah melakukan sosialisasi pentingya produk halal bagi produsen makanan di daerah tersebut yang dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin di Oproom Setdakab Aceh Tengah, Sabtu (27/8).

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyakoleh 130 orang peserta dari MPU Aceh Tengah dan sejumlah pelaku usaha gula merah, bubuk kopi, warung makanan, minuman dan pelaku usaha kamar potong hewan.

Sekretaris MPU Aceh Tengah, Islamuddin Fajri mengatakan para peserta akan diberikan materi seperti tentang hukum dasar penyembelihan hewan menurut syariat Islam yang disampaikan oleh Tgk Mahmud Ibrahim MA (anggota MPU Aceh).

Ketua MPU Aceh Tengah Tgk M Isa Umar SAg menyebutkan, produk makanan dan minuman yang menjadi usaha sebagian masyarakat  dalam proses pembuatannya harus terjamin kehalalan dan kebersihannya sesuai ajaran Islam.

“Sebagai Muslim sudah jelas memerlukan kehalalan dan kebersihan suatu produk yang akan dikonsumsi,” sebutnya.

Selain itu katanya, dalam proses pembuatan makanan dan minuman juga harus dihindari dari bahan pengawet,  pewarna dan bahan-bahan lainnya yang kurang jelas dan mendekati haram atau halal.

Karena itu menurut Isa Umar, sesuai Qanun Nomor 2 tahun 2009 sosialisasi ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi MPU Aceh Tengah untuk melakukan pembahasan lebih lanjut dan serius terhadap produksi makanan dan minuman yang akan menghasilkan rekomendasi  untuk disampaikan kepada pemerintah dan pihak terkait.

Sementara Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengapresiasi terselenggarnya sosialiasi pentingnya produk halal bagi pedagang dan masyarakat.

“Ini adalah langkah awal MPU Aceh Tengah dan dididukung MPU Aceh yang sudah ada LP POM-nya untuk memberikan pemahaman kepada produsen makanan dalam menjamin makanan halal kepada konsumen,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts